Mendikbud Kunjungi Desaku Menanti

Tunjang Pendidikan Sejak Dini, Kemendikbud Segera Bangun PAUD di Kampung Topeng

Mendikbud RI, Muhadjir Effendi (batik cokelat), saat berkunjung ke Kampung Topeng. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) berencana membangun satu unit gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kampung Topeng kawasan Desaku Menanti, Kedung Kandang, Kota Malang. Rencananya, pembangunan segera direalisasikan pada 2017 ini.

Mendikbud RI, Muhadjir Effendi, mengaku telah berkoordinasi dengan Pemkot Malang terkait rencana itu. Meski tidak menyebut anggaran yang disiapkan, namun dia telah meminta Wali Kota, HM Anton, untuk menyediakan lahan.

“Tanahnya sedang dicarikan wali kota, nanti pembangunannya kami yang membantu,” kata alumnus Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Malang (UM) itu, di sela kunjungannya, Jumat (14/4).

Rencana itu tidak lepas dari sinergitas bersama Kementerian Sosial yang selama ini sudah membina warga setempat. Seperti diketahui, Desaku Menanti merupakan kawasan yang dihuni masyarakat mantan gelandangan dan anak jalanan yang notabene kelas menengah ke bawah.

“Ini saya kira salah satu cara kreatif masyarakat dan pemerintah untuk menyiasati jalan keluar kepada warga yang kurang beruntung. Bukan digusur tapi difasilitasi dan diberi pendidikan,” tandas Muhadjir.

Sementara itu, Wali Kota Malang, HM Anton, yang turut mendampingi kunjungan kerja Mendikbud, belum memberi kepastian terkait lahan yang bakal dibangun gedung PAUD. “Secepatnya akan disesuaikan kebutuhan warga, lokasinya di mana, saat ini belum ditentukan,” papar suami Hj Dewi Farida Suryani itu.