Target Tambah Luas Tanah Capai 100 Persen

Dandim 0818, Letkol (Arm) Muridan (Tika)
Dandim 0818, Letkol (Arm) Muridan (Tika)

MALANGVOICE – Tahun ini, Kodim 0818/Kabupaten Malang dan Kota Batu dapat mencapai target dalam peningkatan luas tambah lahan pertanian.

Komandan Kodim (Dandim) 0818, Letkol (Arm) Muridan menjelaskan, luas tambah tanah sudah mencapai target, yakni 7 ribu hektar.

“Sejak Oktober sudah bisa kami capai target,” kata dia saat ditemui di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0818, Jumat (30/12).

BNN Kota Malang

Muridan menjelaskan, langkah ini merupakan bentuk dukungan untuk menyukseskan program Pemerintah Indonesia di bidang pertanian, yakni swasembada beras.

“Itu kan program nasional jadi kami menyukseskan tercapainya program tersebut,” beber dia.

Dia menjelaskan, beberapa wilayah yang menjadi konsentrasi Kodim untuk menambah luas tanah pertanian adalah Sumberpucung, Gondanglegi dan Bululawang.

“Lokasi tersebut menjadi sentra kami untuk meningkatkan produksi padi juga,” imbuh laki-laki yang pernah bertugas selama tujuh tahun di Kodam XVII Cenderawasih, Papua ini.

Selain meningkatkan luas lahan, langkah yang ditempuh Kodim untuk menyukseskan swasembada beras adalah dengan memberikan pendampingan kepada kelompok tani.

Kodim 0818 juga memberikan bantuan alat sistem pertanian (alsistan) yang dipinjamkan secara gratis.

“Ada 10 unit traktor, satu eskavator dan 12 pompa air bantuan kami yang digunakan oleh kelompok tani,” tandas dia.