Tak Hanya Tubuh, Rambut Juga Perlu Detoksifikasi Loh

ilustrasi. (www.ndtv.com)

MALANGVOICE – Detoksifikasi seharusnya tak hanya dilakukan di tubuh. Anggota tubuh lainnya, seperti rambut juga perlu didetoks loh.

Ini dikarenakan, terutama wanita sering kali melakukan hair styling, hingga penggunaan produk-produk rambut bisa membuat rambut mengalami kerusakan. Untuk itu Anda perlu melakukan detoksifikasi pada rambut. Detoksifikasi rambut sangat dibutuhkan, terutama untuk membersihkan rambut secara keseluruhan dari sisa kotoran yang masih menempel di kulit kepala.

Jika dibiarkan, kotoran yang terdapat di rambut nisa menumpuk di kulit kepala dan dapat menyumbat folikel rambut. Hal ini yang menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi terhambat, penuuan dini pada rambut, serta masalah rambut lainnya.

BNN Kota Malang

Nah, berikut cara detoksifikasi rambut yang telah MVoice rangkum dari laman Womenshealth.

1. Exfoliating

Anda perlu melakukan eksfoliasi kulit kepala agar kotoran dan tumpukann residu dari produk rambut dapat dibersihkan secara sempurna. Proses eksfoliasi ini sangat penting untuk membuat kulit kepala terhindar permasalahan kulit kepala yang umum terjadi, seperti terkelupas, kering, dan gatal. Anda bisa menggunakan produk khusus yang bermanfaat untuk eksfoliasi kulit kepala, atau memilih produk hair scrub yang sesuai dengan kondisi kulit kepala.

2. Pilih Jenis Sampo

Apabila Anda terlalu sering menggunakan sampo dengan kandungan kimia, tentunya dapat menimbukan masalah baru pada rambut. Oleh karenanya, gantilah produk sampo Anda dengan menggunakan sampo berbahan alami yang memiliki formula lebih aman dan lembut.

3. Hair Mask

Selai itu, Anda juga perlu memperhatikan kelembapan rambut saat melakukan hair detox. Salah satu cara alami yang bisa Anda coba untuk membuat rambut menjadi lembap dan halus adalah menggunakan masker rambut yang terbuat dari minyak alami.

Anda bisa menggunakan olive oil yang yang berfungsi melapisi rambut dengan melembapkan dan melindungi dari kerusakan. Caranya, panaskan satu sendok makan olive oil selama 10-15 detik. Kemudian, aplikasikan minyak ke rambut yang masih kering dan tutup dengan penutup kepala yang terbuat dari plastik. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas bersih dengan menggunakan air hangat.

4. Hentikan Hair Styling

Terlalu sering mengunakan alat penata rambut bersuhu panas, seperti curling iron, hair straightener, dan hair dryer bisa membuat rambut kehilangan minyak alaminya, dan menjadikan rambut kering.

Selain itu, penggunan produk styling juga bisa menyumbat folikel yang menyebabkan tumpukan residu pada kulit kepala. Untuk itu jika ingin melakukan hair detox, Anda perlu menghentikan pemakaian alat dan produk hair styling selama menjalani detoksifikasi rambut. (Hmz/ulm)