Stetoskop Eko Mampu Rekam Detak Jantung

Perkenalan stetoskop, Eko. (abc7news)

MALANGVOICE – Stetoskop merupakan alat wajib yang dibawa semua doker. Peralatan medis yang sangat tua itu kini dilengkapi dengan teknologi tinggi.

Dikutip ABC7News, seorang kardilog, John Chorba mengatakan pada dasarnya itu adalah stetoskop biasa, namun ada seperangkat tambahan yang dipasangkan di dalamnya.

Alat canggih itu dinamakan Eko, bukan berasal dari nama orang Indonesia, melainkan dari Eko Device, yang diciptakan oleh mahasiswa University of California, Berkeley, Amerika Serikat.

BNN Kota Malang

Penggunaan Eko sangat sedehana, hanya mengatur aplikasi pada smartphone kemudian stetoskop merekam suara detak jantung pasien. Hasilnya langsung nampak pada layar ponsel.

COO Eko, Jason Bellet menjelaskan, penyimpanan data pasien bisa digunakan menjadi dokumen seumur hidup.

Alat ini sudah mendapat persetujuan dari pihak pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat yang bernama Food and Drugs Administration (FDA), sehingga dipastikan aman dipakai.

Dalam penelitian medis, yang paling ditunggu setelahnya adalah hasil dari rekaman dari Eko dari ribuan klinik atau rumah sakit.

“Jika mempunyai banyak data rekaman, maka kami akan tahu apa saja yang selama ini kami tidak ketahui sebelumnya,” kata kardiolog UCSF, John Chorba.-