Sineas Muda dan Pelajar Unjuk Kreativitas di Malang Film Festival 2019

MALANGVOICE – Klub Sinematografi Universitas Muhammadiyah Malang (KINE UMM) kembali menggelar Malang Film Festival (MAFI Fest), 10-14 April 2019. Kali ini MAFI Fest mengusung tema Sintesa’. ‘Sintesa’ adalah suatu penggabungan berbagai elemen sehingga menciptakan satu hal yang selaras.

Direktur MAFI Fest 2019, Aliya, mengatakan, berbagai program kolaboratif sudah disiapkan panitia untuk mengajak sineas muda berpartisipasi. Salah satunya, lanjut dia, adalah program Teras Baca Masyarakat (TBM) dan roadshow yang melibatkan Parade Film Malang dan menayangkan film tamu.

Selain program tersebut, panitia pun mengumumkan program kompetisi MAFI sebanyak 4 kategori, yaitu Fiksi Pendek Mahasiswa, Fiksi Pendek Pelajar, Dokumenter Mahasiswa dan Dokumenter pelajar.

BNN Kota Malang

Aliya menambahkan, jumlah film yang masuk tahun ini mengalami kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu sekitar 477 film dalam program kompetisi hingga tersisa 23 film yang lolos kurasi. Kemudian film – film yang telah lolos kurasi tersebut akan dikompetisikan sehingga mengerucut menjadi 1 film per- kategori.

Tak kalah menarik, Mafi Fest juga menyuguhkan program non-kompetisi yang tidak kalah menarik, di antaranya Sesi Malangan, penayangan perdana (Produksi Bersama Kine Klub UMM ke-16 dan Malang Sinau Dokumenter), diskusi umum dan Kelas Kritik, lalu malam penghargaan, sebagai pengumuman film pemenang dan pemberian penghargaan bagi filmmaker pemenang program kompetisi.(Der/Aka)