Serunya Santri Raudatul Madinah Belajar Budidaya Maggot

santri Pondok Pesantren (Ponpes) Raudatul Madinah Kota Batu belajar budidaya maggot, Sabtu (2/6). (Aziz Ramadani/ MVoice)

MALANGVOICE – Ngabuburit santri Pondok Pesantren (Ponpes) Raudatul Madinah sangat unik. Mereka antusias belajar budidaya maggot alias belatung, Sabtu (2/6).

Budidaya maggot saat ini mulai banyak peminatnya serta bermanfaat. Sebab, diketahui maggot ini bisa dimanfaatkan untuk pupuk, pakan ternak, dan lainnya.

Para santri mendapat pendampingan mahasiswa Universitas Brawijaya, tentang Maggot. Nurul Rodiyah perwakilan mahasiswa Universitas Brawijaya, mengatakan pihaknya memilih ponpes ini karena memang sejak awal ponpes ini fokus pada kewirausahaan.

BNN Kota Malang

“Untuk mengembangkan pelajaran kewirausahaan yang ada di sini. Apalagi di sini sudah ada ternak kambing,” kata Nurul.

Para santri, lanjut dia, juga diajarkan bagaimana memberikan makan maggot. Maggot ini bisa dijadikan sebagai pupuk, apalagi di ponpes ini juga sudah ada budidaya kambing. Karena bisa dijadikan pakan kambing.

“Awalnya cara budidaya maggot ini dikembangkan terlebih dahulu telurnya. Kami mengajarkan bagaimana membuat pupuk organik juga,” tutupnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Raudatul Madinah Zainullah Anwar mengatakan dengan adanya budidaya maggot ini pihaknya sangat bersyukur karena untuk menambah pengetahuan santrinya.

“Apalagi mereka masih muda, sehingga mudah untuk menerima ilmu baru. Memang usia yang paling tepat ialah diusia mereka, agar ketika dewasa mereka sudah memiliki ilmu untuk berwirausaha,” pungkas Zain. (Der/Ery)