Rakernas Apeksi 2017

Serentak, 98 Wali Kota Tanam 98 Jenis Pohon

Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany (kiri), bersama Wali Kota Malang, HM Anton, menanam pohon di Taman Singha Merjosari. (Muhammad Choirul

MALANGVOICE – Sebanyak 98 jenis pohon ditanam secara serentak di Taman Singha Merjosari, Kamis (20/7) pagi ini. Prosesi ini merupakan salah satu rangkaian agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2017.

Jumlah pohon yang ditanam sesuai dengan jumlah anggota Apeksi. Masing-masing wali kota menanam satu jenis pohon khas daerahnya.

Wali Kota Malang, HM Anton, menyampaikan, penanaman pohon ini sengaja digeber dalam rangka mendorong penghijauan di perkotaan. “Maka pohon yang ditanam harus tanaman produktif, sehingga bermanfaat untuk masyarakat dan alam,” ungkapnya.

Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany (kiri), bersama Wali Kota Malang, HM Anton, menyirami pohon ditanam di Taman Singha Merjosari. (Muhammad Choirul)

Suami Hj Dewi Farida Suryani itu menegaskan, agenda ini bukan seremonial belaka. Lebih dari itu, dia ingin ada peningkatan kesadaran baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat, terkait pentingnya menjaga lingkungan.

Dengan begitu, beragam ancaman bencana bisa ditangkal. Menurutnya, penanaman pohon ini juga berdampak positif sebagai penyeimbang pesatnya pertumbuhan kota.

“Dalam pembangunan kota, misalnya, supaya kepala daerah bisa lebih bersemangat memperluas RTH (Ruang Terbuka Hijau) di masing-masing daerahnya,” tandasnya.


Reporter: Muhammad Choirul Anwar
Editor: Muhammad Choirul Anwar
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti