SD Kota Batu Punya Cara Enjoy Belajar Bahasa Jawa

Suasana belajar Sedinten Bahasa Jawa Kelas 6 SDN Punten 1 Kota Batu, Kamis (9/8). (Aziz Ramadani/MVoice)
Suasana belajar Sedinten Bahasa Jawa Kelas 6 SDN Punten 1 Kota Batu, Kamis (9/8). (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Model pembelajaran SDN Punten 1 Kota Batu patut ditiru. Pelajaran Bahasa Jawa disulap menyenangkan. Siswa-siswi pun enjoy mendalami seluk beluk bahasa tradisional budaya nenek moyangnya. Program itu adalah Sedinten Bahasa Jawa atau sehari berbahasa Jawa.

Paling unik juga, para siswa di dalam kelas tidak mengenakan seragam formal. Melainkan busana tradisional. Seperti yang tersaji di kelas 6 SDN Punten 1, Kamis (9/8).

Para siswa, khususnya setiap Kamis tanggal genap dalam satu bulan menerapkan pelajaran dengan menggunakan bahasa Jawa. Tidak hanya itu saja, mereka juga berkegiatan bahasa Jawa.

Sebelum masuk kelas misalnya, semua siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, berkumpul di halaman sekolah. Lalu mereka berjoget dengan iringan lagu Jawa. Contohnya, Gundul Pacul, Getuk, hingga Prahu layar.

Beberapa siswa mengaku semakin suka belajar bahasa Jawa. Siswa kelas 1 Rehan Andrian Nurzain misalnya. Dia mengaku semula tidak memahami bahasa Jawa. Tetapi ketika ia berkomunikasi dalam program bertajuk Sedinten Bahasa Jawa dengan guru dan teman-temannya, dia jadi semakin paham.

“Susah (bahasa Jawa). Tapi suka, karena sambil bermain dan belajar,” ujarnya.

SDN Punten 1 memulai model pembelajaran atau program inovatif ini sejak 2015 silam. Persisnya kemudian, tahun 2017 program ini mulai diseriusi l.

“Kami ingin membiasakan siswa ini agar tidak lupa dengan bahasa Jawa,” kata Kepala SDN Punten 1 Prihastutik.

Model ini pun ada hukumannya bagi siswa ogah belajar. Yakni siswa harus membaca buku yang telah ditentukan. Dianjurkan buku yang dibaca ialah buku bahasa Jawa kemudian meringkas menggunakan bahasa siswa itu sendiri.

“Bahasa Jawa ini yang mudah saja, yang biasa digunakan sehari-hari. Perlahan-lahan nanti siswa juga bakal bisa dan terbiasa,” tutupnya.(Der/Aka)