Persaingan Kian Ketat, Anggota Gapensi Didorong Tingkatkan Profesionalitas

Sekretaris Badan Pengurus Cabang (BPC) Gapensi Kota Malang, Bambang Sumarto (kanan).
Sekretaris Badan Pengurus Cabang (BPC) Gapensi Kota Malang, Bambang Sumarto (kanan).

MALANGVOICE – Sekretaris Badan Pengurus Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Malang, Bambang Sumarto, mendorong anggotanya meningkatkan profesionalitas. Hal ini tak lepas dari persaingan ketat antar-kontraktor dengan pelaksanaan e-lelang pada proyek pemerintah.

Dia menilai, saat ini masih ada kontraktor yang perlu peningkatan, meliputi infrastuktur maupun sumber daya manusia. Selain itu, kualitas manajemen perusahaan juga menjadi perhatian.

“Kompetinsi tinggi diperlukan agar kontraktor dapat menangani pekerjaan sesuai bidang keahliannya dan perusahaan miliknya. Ini tantangan kepengurusan Gapensi di masa mendatang,” ujarnya.

BNN Kota Malang

Pria yang juga Ketua Komisi C DPRD itu menegaskan, Gapensi Kota Malang berkomitmen penuh meningkatkan mutu dan profesionalisme anggota. Selama ini, pihaknya memfasilitasi anggota yang mengajukan permohonan perizinan.

Hal ini meliputi berbagai aspek, termasuk sertifikasi keahlian, seperti Sertifikat Badan Usaha yang diterbitkan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi maupun Izin Usaha Jasa Konstruksi, serta Sertifikat Keterampilan atau Keahlian bagi usaha perseorangan.

“Jika di lapangan ada kesulitan mengakses layanan keuangan dari lembaga jasa keuangan, seperti bank, Gapensi juga bersedia menjadi avalis bagi kontraktor yang mengajukan kredit ke bank,” tegasnya.