Rakernas Apeksi 2017

Percepatan Pembangunan Tinggi, Pemkot Tak Bisa Andalkan APBD

Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany, menyerahkan cenderama kepada Wali Kota Malang, HM Anton. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Airin Rachmi Diany, menilai, laju percepatan pembangunan di perkotaan cukup tinggi. Kondisi ini menjadi salah satu fokus pembahasan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang berlangsung mulai hari ini (19/7) hingga besok (20/7) di Hotel Savana, Kota Malang.

Karena itu, Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ini berpendapat, Pemkot tidak bisa semata-mata mengandalkan APBD masing-masing daerah. “Dibutuhkan keterlibatan swasta, dalam hal ini investasi untuk mendukung program pemerintah,” ungkapnya.

Peluang investasi tersebut saat ini cukup lebar. Beragam regulasinya, lanjut dia, banyak yang mendukung kemudahan investasi di tataran pemerintah pusat hingga daerah.

Di sisi lain, dia mengimbau kepada seluruh wali kota agar tidak menghambat atau mempersulit investasi. Selain itu, dalam Rakernas kali ini dia berharap setiap daerah mampu memberikan sumbangsih.

“Ini momentum untuk saling berbagi pengalaman, satu kota bisa belajar ke kota lain tentang keberhasilan yang sudah dicapai. Begitu juga kalau ada masalah, solusi mengatasi itu perlu dicari di sini,” pungkasnya.


Reporter: Muhammad Choirul Anwar
Editor: Muhammad Choirul Anwar
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti