Penghujung April, Intip Keseruan Festival Brantas di Kota Batu

Festival Brantas 2019 (istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Kota Batu mengerahkan segala upaya untuk menjadi titik yang paling menarik wisatawan di Indonesia. Di penghujung bulan ini tepatnya 27-28 April, Kota Batu akan menghadirkan kembali Festival Brantas 2019 dengan tajuk bumi dan manusia.

Pertama adalah pagelaran Brantas Arts & Culture. Pada event ini menyuguhkan Pentas Kreasi Seni dan Budaya. Kemudian ada bazar yang akan menampilkan berbagai kreasi produk sebagai salah satu wadah meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sekaligus promosi produk unggulan yang bakal berlangsung 27-28 April.

Selanjutnya, 28 April ada kegiatan Smart (Siaga Mandiri Relawan Tangguh) yang diikuti oleh perwakilan Karang Taruna se-Kota Batu, relawan, dan Pencinta Lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih memasyarakatkan pendidikan kebencanaan, dan mitigasi.

Ketua pelaksana, Festival Brantas 2019, Heri Setiyawan, mengatakan dalam kegiatan smart ini para peserta bakal diajak untuk menjelajah di suatu tempat yang sudah ditentukan.

“Nah, semisal ya nanti di Pos 1 ada menanam bersama, di pos ke 2 ada memilah sampah, dan diakhiri pos 3 dengan menggambar,” ujarnya

Lebih lanjut ia menjelaskan kegiatan ini sudah digelar empat kali dalam 2019 ini. Dan sudah menjadi kegiatan rutin yang ada di Kelurahan Sisir sebagai upaya untuk melestarikan budaya yang ada di sana. Sekaligus mengguyubkan warga di sana.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya untuk mengangkat kesenian dan kebudayaan yang ada di desa atau kelurahan di Kota Batu.

Menurutnya, setiap desa pasti memiliki kesenian dan kebudayaan khas yang perlu diangkat sesuai dengan visi Kota Batu ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’.

“Ya, memang ini bentuk upaya kami guna mengangkat kesenian dan kebudayaan yang ada di Kota Batu. Sekaligus melestarikan dan mengangkat seniman di desa atau kelurahan,” ungkap Imam

Perlu diketahui sebelum digelarnya Festival Brantas, dalam rangkaian Sisir Gemilang itu pada bulan Januari lalu sudah ada napak tilas dan tumpengan. Kemudian bulan April ini dimulai dengan Yuk Melukis Bersama dan Fashion Show, pada Minggu (21/4).

Kemudian disusul Sabtu (27/4) diawali dengan senam, pemeriksaan tulang, lomba yel-yel, lomba cipta menu, simulasi drama, lomba cipta menu, hingga ada pembayaran PBB.(Der/Aka)