Pemkab Malang Siapkan BOP di Malang Selatan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, SH. MSi. (Toski D)
Article top ad

MALANGVOICE – Pemkab Malang menyiapkan pembentukan Badan Otorita Pariwisata (BOP) di Malang Selatan. Hal itu sejalan dengan disetujuinya program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Singosari.

“BOP ini kan sebenarnya konsepnya sama dengan KEK. Tapi KEK itu pengusungnya adalah swasta, kalau BOP pengusungnya adalah menteri atau pusat,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara.

Dengan adanya dua mega proyek KEK dan BOP ini, lanjut Made, merupakan bentuk keseriusan Pemkab Malang untuk membangun dan mengembangkan pariwisata di Kabupaten Malang yang nantinya dapat dikenal dan berpredikat sebagai daerah wisata.

“Kami ingin Kabupaten Malang benar-benar menjadi kota pariwisata,” jelasnya.

Sebab, lanjut Made, sampai saat ini belum ada daerah lain di Indonesia yang memiliki KEK dan BOP sekaligus. Jika BOP segera terbentuk, maka Kabupaten Malang merupakan daerah pertama di Indonesia yang memiliki keduanya.

“Jika KEK ada di wilayah Malang Utara, maka BOP akan di Malang Selatan. Mudah-mudahan ini menjadi kado terbaik bagi Kabupaten Malang, bahwa kita punya dua program besar,” pungkasnya.(Der/Aka)