Polemik Pembangunan Pasar Blimbing

Pembongkaran Lapak Pasar Blimbing Sempat Diwarnai Ketegangan

Petugas Pengawasan dan Penertiban (Wastib) Dinas Pasar Kota Malang membongkar sejumlah lapak di Pasar Blimbing. (Muhammad Choirul)
Petugas Pengawasan dan Penertiban (Wastib) Dinas Pasar Kota Malang membongkar sejumlah lapak di Pasar Blimbing. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Pembongkaran sejumlah lapak di Pasar Blimbing, Jumat (16/12), sempat diwarnai ketegangan. Hal ini terjadi ketika belasan petugas Pengawasan dan Penertiban (Wastib) Dinas Pasar menyisir titik tertentu di sisi utara Pasar Blimbing.

Wastib ini memang berniat membongkar sejumlah lapak yang sudah lama tidak dipakai berdagang. Ketegangan bermula saat petugas membongkar beberapa lapak yang masih digunakan.

Baca juga: Dinas Pasar Bongkar Sejumlah Lapak di Pasar Blimbing

Praktis, para pedagang protes dengan nuansa tegang. Sempat terjadi adu mulut antara pedagang dengan petugas. Kepala Dinas Pasar, Wahyu Setianto, turun langsung meredakan suasana dan memberi arahan kepada Wastib agar memastikan jangan sampai membongkar lapak yang masih digunakan.

Sementara itu, juru bicara pedagang, Arif Wahyudi, juga spontan turut meredam ketegangan. “Kita semua tenang, jangan ada gejolak. Nanti kalau ada lapak milik saudara-saudara yang tidak sengaja turut dibongkar, segera laporkan agar dikembalikan seperti semula,” serunya kepada para pedagang

Pantauan MVoice, petugas Wastib memang kesulitan memilah lapak yang tidak digunakan. Pasalnya, lapak mayoritas di sisi utara dalam kondisi kosong tanpa barang dagangan lantaran pemakaian lapak itu biasanya pada dini hingga pagi hari saja.