PDI-P Pastikan Pilihannya Ke Sanusi-Didik di Pilbup 2020

Bupati Malang HM Sanusi. (Toski D).
Bupati Malang HM Sanusi. (Toski D).

MALANGVOICE – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memastikan memberikan rekomendasi kepada Bupati Malang HM Sanusi, dan Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020 mendatang.

Kepastian tersebut tertuang pada surat keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Nomor 1196/IN/DPP/II/2020 yang ditandatangani Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto. (Toski D).
Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto. (Toski D).

Surat yang beredar di group WhatsApp tersebut tercantum ada sebanyak 50 daerah yang akan mendapatkan rekom dari PDI-P untuk Pilkada 2020 mendatang. Pengumuman rencananya akan disampaikan langsung Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri.

BNN Kota Malang

Dalam surat tersebut, Sanusi Didik Gatot Subroto (SanDi) berada pada urutan yang ke 16. Pasangan Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) tersebut mendapat undangan bersama tiga daerah lain di Jawa Timur yaitu, Kabupaten Ngawi Ony Anwar yang akan bepasangan dengan Dwi Rianto Jatmiko, Kabupaten Sumenep, Ahmad Fauzi akan berpasangan dengan Hj Dewi Khalifah, dan Kabupaten Lamongan, Sholahudin berpasangan dengan Sa’im.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Malang dari fraksi PKB, Ali Murtadho mengatakan, dirinya tidak berani berkomentar, biar Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ali Ahmad, dan Sekretaris DPC PKB Kabupaten Malang, Muslimin yang menyampaikan.

“Biar Ketua dan sekretaris DPC yang menyampaikan semua. Insya allah dalam waktu dekat ini lah,” ucapnya saat dihubungi, Rabu (19/2).

Dengan begitu, lanjut Ali, partainya (PKB, red) belum menentukan arah politikny secara resmi, apakah akan mengusung calon sendiri, atau akan berkoalisi dengan partai lain.

“Dalam bulan ini akan di umumkan oleh ketua DPC. Tapi, yang jelas agamis dan nasionalis,” tegasnya.

Dengan begitu, isu yang berkembang di masyarakat tentang adanya koalisi partai bertajuk BangJo (Abang/Merah dan Hijau) antara PKB dan PDI Perjuangan akan meramaikan Pilkada Kabupaten Malang.

Sementara itu, Bupati Malang HM Sanusi dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp tentang rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan pada Pilkada Kabupaten Malang 2020 tersebut, belum dibalas.(Der/Aka)