Pare Pahit Rasanya, ‘Manis’ Khasiatnya untuk Penderita Diabetes

pare bisa turunkan gula darah. (Rebootwithjoe)
Pare bisa turunkan gula darah. (Rebootwithjoe)

MALANGVOICE – Diabetes atau diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan kadar gula darah dalam darah di atas normal. Gula darah yang tinggi dapat disebabkan insulin yang kurang atau asupan gula sangat tinggi. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tetapi gula darah dapat dikontrol sehingga kadarnya normal. Salah satu yang bisa mengontrolnya adalah pare.

Menurut dr Natasha Alexandra, pare mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E dan K. Dan, salah satu manfaat yang telah diteliti yaitu manfaatnya untuk penyakit diabetes.

“Pare mengandung zat yang bernama charantin, vicine, lektin dan polipeptida-p yang merupakan zat aktif antidibates. Charantin dapat berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah, sedangkan polipeptida-p merupakan senyawa yang menyerupai insulin (hormon yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah),” paparnya.

Dia menambahkan, lektin dapat mengurangi gula darah dengan cara menekan nafsu makan. Jadi, pare aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Belum ada ketentuan pasti mengenai dosis atau berapa lama pare harus dikonsumsi bagi penderita diabetes.

“Umumnya jika dikonsumsi dalam jumlah dan frekuensi yang wajar, maka pada umumnya aman, ya. Tetapi perlu diingat bahwa manfaat-manfaat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut, dan telah ditekankan bahwa pare tidak dapat menggantikan obat oral (minum) maupun insulin untuk penderita diabetes,” tutupnya.(Der/Aka)