Neko Kepo Cat Cafe, “Surga” Kecil Pecinta Kucing

Neko Kepo Cat Cafe. (deny rahmawan)
Neko Kepo Cat Cafe. (deny rahmawan)
Article top ad

MALANGVOICE – Pecinta kucing di Kota Malang kini bisa merasakan sensasi baru saat nongkrong. Adalah di Neko Kepo Cat Cafe yang tak hanya menyajikan makanan lezat, namun juga menyediakan beberapa ekor kucing untuk diajak bermain.

Konsep cat cafe ini memang sedang booming. Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya sudah banyak yang menerapkan konsep tersebut. Hal itu yang mendasari Ikbar Haskara membuka Neko Kepo.

“Saya awalnya memang suka kucing. Terus browsing di internet dan sempat mengunjungi cat cafe di Jakarta dan Kemang. Akhirnya saya bawa konsep serupa,” kata Ikbar kepada MVoice.

Terletak di Jalan Raya Sulfat no 170 C, Blimbing, Kota Malang, Neko Kepo sudah banyak didatangi pengunjung meski baru dibuka pada 17 Agustus lalu. Saat ini ada lima jenis kucing yang siap diajak bermain.

Kelima kucing itu ada ras persia, domestik dan bengal. Paling banyak diajak main adalah jenis bengal dan persia odd eye yang memiliki warna Mereka sengaja dilepas di dalam cafe agar bisa berinteraksi dengan pengunjung. Bagian interior Neko Kepo pun dibuat sedemikian rupa agar kucing bisa menjelajahi seluruh ruangan. Seperti jembatan, kolong tidur dan lain-lain.

“Sehari itu bisa sampai 50 pengunjung. Rata-rata mereka itu cewek yang juga suka kucing,” lanjut pria lulusan Universitas Brawijaya (UB).

Masalah kebersihan setiap kucing selalu terjamin. Pasalnya kucing tersebut sudah terlatih makan, minum dan membuang kotoran di tempat yang sudah disediakan. Meski begitu, pengunjung diharap tetap mematuhi peraturan yang sudah disediakan.

Ikbar menjelaskan, beberapa peraturan itu antara lain tidak mengganggu kucing yang sedang tidur, berfoto menggunakan flash dan memberi makanan lain bukan makanan kucing.

Apabila pengunjung ingin memberi makan kucing, Neko Kepo sudah menyiapkan makanan khusus. Namun, ada biaya yang dikenakan.

“Pertama ada biaya masuk itu Rp 10 ribu, terus kasih makan juga kami sediakan dengan biaya lagi. Nah, biaya itu untuk perawatan kucing kami. Jadi mau main kucing tanpa pesan makanan pun tak masalah,” jelasnya lagi.

Neko Kepo buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB. Rencananya, Ikbar akan menambah lima kucing lagi. Ia berharap adanya cat cafe ini bisa jadi “surga kecil” pecinta kucing sekaligus pelepas stres karena seharian bekerja atau tugas kuliah dengan bermain kucing yang tingkahnya menggemaskan.

“Saya mau kucing yang jarang ada. Seperti British shorthair atau sphynx biar koleksinya makin lengkap,” tandasnya. (Der/Ulm)