09 February 2023
09 February 2023
22.1 C
Malang
ad space

Menulis di Kertas Ditemukan Peneliti Sebagai Metode Menguatkan Ingatan

MALANGVOICE – Tim dari University of Tokyo baru saja mempublikasi penelitian baru dalam Frontiers in Behavioral Neuroscience. Penelitian tersebut mengatakan menulis di kertas berdampak baik bagi otak. Artikel ini dihimpun oleh Malangvoice.com dari Martha Stewart

“Pada dasarnya kertas lebih canggih dan berguna dibanding dokumen elektronik karena kertas mengandung informasi yang hanya dimiliki kertas untuk tidak kehilangan ingatan,” Professor Kuniyoshi L. Sakai, neuroscientist di University of Tokyo dan penulis di penelitian ini.

Kebanyakan orang menyukai smartphone atau tablet karena gadget itu terasa membuat pekerjaan setiap hari lebih mudah. Penelitian ini menemukan yang sebaliknya, setelah mengumpulkan 48 relawan dari umur 18 sampai 29 tahun.

Para peneliti menemukan mereka yang menulis di kertas untuk menyelesaikan tugas mencatat berhasil menyelesaikan tugas ini 25 persen lebih cepat daripada mereka yang menggunakan tablet dengan stylus pen.

Alasannya adalah menggunakan kertas memberi relawan keluasaan untuk menulis dengan gaya mereka. Seperti bentuk tulisan yang tidak biasa dan seragam serta tidak rata. Sedangkan kertas digital lebih konsisten dan seragam dan ketika aplikasi menulis itu ditutup tulisannya akan langsung hilang.

Selain itu peneliti melakukan percobaan kepada relawan untuk membaca dialog tokoh fiksi. Para relawan dibagi ke dua grup, yang satu menulis di kertas dan yang satu di tablet. Peneliti menyuruh relawan untuk mencatat tugas tokoh fiksi itu apa dan harus selesai dalam tenggat waktu berapa lama.

Setelah selesai mencatat relawan diberikan waktu untuk istirahat selama satu jam dan disuruh untuk mengingat tugas mereka. Ketika ditanya kapan tenggat waktu tugas yang harus diselesaikan oleh tokoh? Kapan tenggat waktu paling awal untuk menyelesaikan tugas?

Relawan yang menggunakan kertas untuk mencatat dengan kertas hanya memerlukan waktu 11 menit untuk mencatat ingatan mereka, sedangkan yang menggunakan tablet 14 menit, dan yang menggunakan hp 16 menit.

Ditambah, mereka yang menggunakan kertas mendapat skor tertinggi dibanding yang lain dalam tes pertanyaan dan mereka dapat mengingat secara visual dan bahasa secara lebih baik.(end)

Berita Terkini

Arikel Terkait