Mengintip Kopi Buatan Robot yang Pertama di Indonesia

Poursteady yang diklaim pertama di Indonesia
Poursteady yang diklaim pertama di Indonesia
Article top ad

MALANGVOICE – Kopi di Indonesia bisa dibilang menjadi minuman paling digemari. Tak salah jika banyak jenis aneka dan varian kopi gampang dijumpai di beberapa tempat.

Namun kini, seiring dengan perkembangan zaman, kopi bisa dibuat tanpa bantuan manusia. Lho, kok bisa?

Ya, di salah satu cafe di kawasan Tidar, Golden Heritage Koffie, kopi dibuat oleh robot. Teknik robotic itu dinamakan Poursteady buatan NASA.

GH-Koffie memboyong mesin itu langsung dari Amerika dan menjadikannya robot pembuat kopi yang diklaim pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Supervisor Golden Heritage Koffie Laodhio Bambang Saputra, mengatakan, dengan alat ini bisa menciptakan kopi dengan mudah dan cepat dengan teknik pour over atau V60.

Biji kopi yang sudah dihaluskan tinggal dimasukkan ke dalam alat. Kemudian dengan hanya menekan tombol, alat itu bekerja dan menghasilkan seduhan kopi yang nikmat.

“Rasanya lebih konsisten dan mempersingkat waktu,” katanya.

Untuk menghasilkan rasa yang mantap, ada beberapa jenis kopi yang cocok menggunakan robot tersebut, antara lain Sumatera Mandheling, Flores Bajawa, Tana Toraja dan Papua Wamena serta banyak lainnya.

Bambang menyatakan, untuk seduhan kopi tersebut harganya bervariasi. Mulai Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu. “Banyak yang sudah mencoba dengan alat ini. Kadang bisa 45 gelas kalau akhir pekan,” tutupnya.(Der/Aka)