Lomba Burung Berkicau Wali Kota Malang Cup Berlangsung Semarak

Lomba Burung Berkicau Wali Kota Malang Cup Berlangsung Semarang
Lomba Burung Berkicau Wali Kota Malang Cup Berlangsung Semarang

MALANG – Spektakuler! Baru kali pertama diselenggarakan, Lomba Burung Berkicau ‘Walikota Malang Cup’ sukses menyedot animo Kicau Mania (sebutan para penghobby burung berkicau) untuk berbondong-bondong datang ke Bhumi Arema.

Tercatat lebih dari 2000 peserta ambil bagian dalam lomba yang dihelat di Stadion Gajayana sejak Minggu (18/12) pagi hingga sore tadi.

Tak hanya peserta dari Malang Raya, para kicau mania dari pelosok Jawa Timur hingga luar daerah seperti Jawa Tengah, Yogyakarta, DKI Jakarta hingga dari Pulau Kalimantan tak mau ketinggalan berpartisipasi.

“Ini perlombaan bergengsi. Tidak setiap saat ada kesempatan seperti ini,” tutur Agus Yuliono, peserta asal Pasuruan yang datang langsung bersama keluarganya.

img-20161218-wa0108-picsay

Selain pamor lomba yang oke, lomba persembahan NZR Group dan d’Kross Community memperebutkan Tropy Walikota Malang tersebut memang menyajikan hadiah menggiurkan hingga puluhan juta rupiah. Ada pun empat unit sepeda motor, lima lemari es dan lima sepeda gunung disiapkan sebagai door prize.

Kelas yang diperlombakan meliputi; Kelas Walikota untuk jenis burung cucak hijau dan murai batu, Kelas d’Kross (cucak hijau, P. Kembang, murai batu, love bird), Kelas NZR (love bird A/B, cendet, cucak hijau, kacer, kenari bebas, P.Merah, murai batu, P.Kembang), Kelas Dispora (love bird A/B, cendet, cucak hijau, kacer,┬ákenari bebas, P.Merah, murai batu, P.Kembang) serta Kelas Pariwisata dan Kelas Aremania untuk beberapa jenis burung berkicau lainnya.

Tak heran jika kemudian ribuan peserta rela jauh-jauh datang ke Kota Malang.

Karena itulah, Walikota Malang Cup ini diharapkan menjadi momentum sekaligus wadah pemersatu para penghobby burung berkicau di seantero Tanah Air.

“Kami berharap dapat menyatukan seluruh komunitas pecinta burung berkicau di Indonesia. Sehingga selain bersifat perlombaan, intinya tetap demi menjalin persaudaraan dan sarana hiburan bagi para pecinta burung berkicau,” tutur Ketua Pelaksana Kegiatan, Waris Susanto.

Pria anggota Marinir TNI AL ini juga berekspektasi lomba ini bisa menjadi kejuaraan nasional bersifat rutin dan agenda tahunan Kota Malang.

Apresiasi pun ditunjukkan langsung oleh Walikota Malang, HM Anton. Tak sekadar hadir menonton ataupun menutup perlombaan, pria yang akrab disapa Abah Anton itu bahkan menyertakan dua burung berkicau jagoannya untuk ikut perlombaan.

Didampingi frontman d’Kross Community, Ir H Ade Herawanto MT, pemilik kursi N1 itu tampak sumringah dan terhibur selama di venue kegiatan. Abah menyiratkan sinyal positif ajang ini akan menjadi agenda tahunan Kota Malang.

Dalam sambutannya, Abah Anton juga sangat antusias terhadap gelaran even ini. Yangmana diharapakan bisa mempersatukan seluruh komunitas penggemar burung kicauan, khususnya di Kota Malang dan umumnya di Malang Raya bahkan se-Indonesia.

“Kami harap komunitas NZR selaku penggagas acara agar tahun depan bisa menggelar ajang ini lagi,” seru orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang ini.

H Wibi Andreas alias Wibie NZR selaku penanggungjawab kegiatan tampak puas. Dia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat mensukseskan acara.

“Untuk jumlah peserta jauh melebihi ekspektasi. Ini sekaligus tantangan bagi kami untuk membuat edisi berikutnya lebih heboh lagi dan semakin menyatukan kicau mania di Indonesia,” urainya.

“Terima kasih juga atas apresiasi luar biasa dari Abah Anton yang mendukung penuh kegiatan ini bersama Sam Ade d’Kross,” lanjut Wibie.

Para peserta pun tampak gembira dengan konsep Walikota Malang Cup. Terutama soal keberhasilan menarik animo kicau mania di penjuru negeri.

“Luar biasa animonya. Banyak Bos besar turun gunung, sehingga atmosfer lomba betul-betul heboh. Semoga Walikota Malang Cup ada lagi tahun depan,” kata Kasan Soleh, salah satu peserta dengan jagoan burung Murai Batu yang memenangi kelas d’Kross.

Hebohnya lagi, even Walikota Malang Cup kali ini juga disemarakkan ajang yang tak kalah meriah, yakni Malang Rock Reunion. Pihak penyelenggara sinergi NZR Group dan d’Kross Community menggandeng Malang Rock Legends untuk mensukseskan parade band┬ádengan bintang tamu Evolution X, Hockey Rockey, Begundal Lowokwaru dan d’Kross ini.

Sore ini, setelah lomba burung tuntas langsung dilanjutkan parade band sampai malam. Pihak penyelenggara sengaja menggabungkan konsep hiburan dan ajang temu kangen para penikmat musik rock di Bhumi Arema.