Lima Kebiasaan Ini Penyebab Payudara Kendur

Kebiasaan penyebab payudara kendur (Healthline)
Kebiasaan penyebab payudara kendur (Healthline)

MALANGVOICE – Payudara kendur umum disebabkan oleh faktor usia, memiliki anak, atau menyusui. Faktor genetik juga berpengaruh. Jika Ibu memiliki payudara kendur, kemungkinan besar Anda akan mengalami hal serupa.

Selain itu seperti yang dilansir MVoice dari laman, Women’s Health, Jumat, (19/10), sebuah setudi dari Amerika menemukan, jaringan payudara menua 2-3 kali lebih cepat dari bagian tubuh lainnya. Makanya, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk penyebab payudara cepat kendur.

1. Diet Ketat

Berat badan naik turun antara tiga sampai lima kilo mungkin tidak akan berpengaruh pada payudara Anda. Tapi, diet yo-yo yang membuat berat badan Anda turun lebih dari 15 kg bisa sangat berpengaruh. Setiap kali berat badan Anda turun atau naik, jaringan payudara menjadi lebih kendur, layaknya sepasang celana karet.

2. Merokok
Payudara Anda tidak bisa lolos dari bahaya rokok. Rokok dalam jumlah berapapun dapat melemahkan dan membuat kulit lebih tua karena menurunnya pasokan darah ke permukaan kulit, tak terkecuali kulit bagian payudara yang menyoking jaringan payudara.

3. Tidak mengenakan tabir surya
Memaparkan kulit wajah Anda secara langsung di bawah UV tanpa tabir surya bisa menyebabkan kerutan prematur. Sinar UV juga bisa membuat payudara Anda kendur karena berkurangnya kolagen dan rusaknya kulit, tambah Edwards lagi.

4. Salah Pilih Bra
Baik itu bra yang Anda gunakan sehari-hari maupun sport bra yang Anda kenakan saat berolahraga, tidak memberikan topangan yang tepat dapat membuat payudara Anda kendur. Semakin payudara Anda berguncang, semakin stres kulit payudara dan kolagen Anda.

5. Olahraga high-impact
Beberapa ahli percaya bahwa gerakan naik turun yang berulang, seperti saat Anda lari, bisa merusak kolagen di payudara. Namun, sebelum Anda memutuskan berhenti berolahraga, pastikan Anda bisa menemukan olahraga lain yang lebih sesuai untuk Anda. Dan jangan lupa juga, olahraga bisa membuat Anda awet muda dengan cara lain.(Hmz/Aka)