Karya Bakti dan Bakti TNI, Dimanfaatkan Bersih-bersih Sungai dan Baksos

Beberapa personel gabungan saat membersihkan sungai. (Toski D)
Beberapa personel gabungan saat membersihkan sungai. (Toski D)

MALANGVOICE – Sebanyak 725 personel gabungan melakukan bersih-bersih di sungai Sumedang dan pasar, Jumat (27/9) pagi.

Kegiatan Karya Bakti dalam rangka HUT ke-74 TNI ini, juga melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako kepada 50 orang purnawirawan TNI dan janda di perumahan Pornawan Janda Saroja.

BNN Kota Malang

Kegiatan yang diawali dengan apel yang dipimpin langsung Bupati Malang HM Sanusi, diikuti personel gabungan TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan ormas serta masyarakat Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya, Bupati Malang HM Sanusi, saat membacakan amanat tertulis Danrem 083/Baladhika Jaya (BDJ), Kol. Inf. Zainuddin , menyampaikan, karya bakti dan bakti sosial ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 tahun 2019.

“Karya Bakti ini mengusung tema TNI Profesional Kebanggaan Rakyat. Kemananggulan TNI dan rakyat harus diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan yang memiliki manfaat bagi warga masyarakat salah satunya dengan melakukan pembersihan sungai,” ungkapnya.

Sementara itu, Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Pusterad) Kol. Inf. Agus Subiyanto mengantakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74.

“Saya meninjau kegiatan karya Bakti yang dilaksanakan oleh Korem 083/BDJ, dimana bentuk bersinergi dengan Pemda dan stakeholder yang lain,” ungkapnya.

Dalam karya Bakti kali ini, lanjut Agus, pihaknya mengutamakan kegiatan untuk kebersihan Sungai. Sebab, jika sungai berih, maka kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup bisa tercipta.

“Jika sungai dimanfaatkan dengan baik, maka bisa memberi keuntungan tersendiri bagi masyarakat, bahkan dapat mempunyai nilai jual tinggi,” jelasnya.

Apalagi, tambah Agus, saat ini sedang dilanda musim kemarau. Jika sungai dalam kondisi baik, dapat di gunakan untuk keperluan yang lain.

“Kalau sungai bersih, dapat dimanfaatkan oleh PDAM untuk air Minum. Untuk itu, kami melakukan kegiatan bersih-bersih sungai, mudah-mudahan apa yang kami lakukan bisa diterima masyarakat dan kegiatan seperti ini dilaksanakan tidak hanya pada HUT TNI saja, tetapi dihari selain HUT TNI juga sudah banyak dilakukan,” pungkasnya.(Der/Aka)