Kamu Suka Ngemil Malam Hari, Ini Lho Cara Mengatasinya

Kebiasaan ngemil malam hari. (Livestrong)
Kebiasaan ngemil malam hari. (Livestrong)

MALANGVOICE – Kamu punya kebiasaan mengemil pada malam hari. Apalagi saat kamu sedang lembur kerja atau mengerjakan tugas kuliah, perut sering didera rasa lapar. Hati-hati, kebiasaan ngemil malam hari bisa bikin kamu makin gemuk loh.

Nah, Malangvoice sudah merangkum cara mengatasi kebiasaan buruk ini. Menurut informasi dari laman Healthline, kamu bisa lakukan beberapa solusi ini.

1. Stop tidur terlalu malam

BNN Kota Malang

Keinginan ngemil biasanya akan timbul lebih besar ketika malam hari. Untuk menghindarinya, kamu bisa mencoba tidur lebih awal. Mulailah kebiasaan berbaring di tempat tidur lebih awal, tuntaskan semua pekerjaan pada sore hari agar kamh tidak terbiasa dengan pola kerja lembur.

2. Minum cukup air putih

Ketika keinginan untuk ngemil datang, cobalah untuk minum 1-2 gelas air putih. Hal ini akan membuat perutmu terisi dan menekan rasa ingin ngemil. Terkadang lapar yang kamu rasakan sebenarnya hanyalah rasa haus.


3. Gosok gigi

Menggosok gigi juga bisa menekan rasa ingin ngemil. Efek peppermint yang ditimbulkan dari pasta gigi yang digunakan bisa membuatmu tidak ingin mengunyah lagi. Lagipula kamu akan malas untuk makan lagi karena kamu terpaksa harus menggosok gigi.

4. Makan makanan sehat

Keinginan untuk ngemil bisa diganti dengan mengonsumsi makanan sehat.Contohnya seperti salad sayur atau buah. Namun tetap saja jangan makan makanan ini saat malam. Makanan sehat ini diterapkan ketika makan pagi-siang.(Der/Aka)