Kaleidoskop 2018: Heboh Air Warna Biru Hingga Macet Liburan Nataru di Kota Batu

MALANGVOICE – Sepanjang tahun 2018, banyak kejadian menarik di Kota Batu. Beberapa kejadian juga sempat viral di media sosial. Tak hanya itu, Kota Batu juga dilanda berbagai musibah yang datang silih berganti. Malangvoice merangkum semuanya sebagai berikut:

1. Seorang Pria Semburkan Asap Vape pada Hewan

Seorang pengunjung tempat wisata Jatim Park 2 atau Batu Secret Zoo terekam dalam sebuah Instagram story menyemburkan asap vapa pada seekor monyet. Monyet itu pun terlihat sesak napas.

BNN Kota Malang

Dalam video berdurasi 14 detik yang viral di medsos, oknum penyembur asap vape berakun Instagram @david.apec dengan sengaja mengisap vape atau rokok elektrik. Dia kemudian menyemburkan uap vape tepat di depan wajah monyet yang berada di dalam kandang. Setelah ditunggu, si penyembur asap vape ke monyet koleksi Batu Secret Zoo yang diketahui bernama David (30) akhirnya datang untuk menyampaikan permintaan maaf ke pihak manajemen Jatim Park,

2. Heboh Air Warna Biru

Fenomena air berwarna biru di sebuah got di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo mendadak viral. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu langsung terjun ke Lokasi, namun ketika ditinjau, petugas tidak melihat aliran air warna biru tersebut. Karena kurangnya data atau sampel air biru, petugas tidak dapat mengetahui penyebab pasti fenomena air berwarna biru tersebut.

3. Angin, Longsor, Banjir Ancam Kota Batu

Bencana longsor terjadi hingga puluhan kali di Kota Batu. Bahkan total sebanyak 21 kasus tanah longsor terjadi selama periode Januari hingga Maret 2018. Selain itu angin kencang yang sebabkan pohon tumbang sebanyak 10 kejadian, serta bencana lainnya yang masih datang silih berganti.

4. Atlet dari Kota Batu Sabet Medali di Asian Games

Lima atlet paralayang Kota Batu berkiprah di Asian Games 2018. Jafro, Rika Wijayanti, Joni Effendi, Roni Pratama, dan Ike Ayu Wulandari berhasil merah dua medali emas, satu perak dan tiga Perunggu. Kelimanya disambut di Balai Kota Among Tani, Agustus 2018.

5. Atlet Paralayang Batu Jadi Korban Tsunami

Ardi Kurniawan adalah salah satu atlet paralayang Kota Batu yang menjadi korban meninggal gempa dan tsunami di Palu, Oktober 2018. Peristiwa ini masih menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan teman Ardi.

7. Nataru, Kota Batu Diserbu Wisatawan

Selama liburan Natal dan Tahun Baru, Kota Batu diserbu oleh wisatawan dalam dan luar daerah. Kemacetan panjang terjadi di berbagai titik. Pihak Polres Batu pun mengerahkan 650 personel untuk mengamankan lalu lintas. Pos pengamanan dan pelayanan dibuka di berbagai titik. Tahun ini, Kota Batu menyediakan berbagai wahana wisata baru yang menarik.(Hmz/Aka)