Jam Operasional Terputus PPKM, BNS Hargai Kebijakan Pemerintah

BNS Sebelun PPKM (Aan)
Article top ad

MALANGVOICE – Akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), destinasi wisata Kota Batu banyak terdampak. Terlebih lagi, tempat wisata yang memiliki jam operasional mulai sore hingga malam.

Batu Night Spectacular (BNS) contohnya, memiliki jam buka normal dari pukul 15.00 sampai 23.00 WIB. Mereka harus rela menguranginya hanya sampai pukul 21.00 WIB.

“Mau tidak mau harus kami ikuti. Jadi per tanggal 11 sampai 25 Januari, kami hanya buka selama 6 jam,” jelas Operation Manager BNS, Harry Cahyono kemarin (10/1). BNS merupakan salah satu destinasi wisata yang paling terpengaruh sejak adanya pandemi.

Mereka yang pada awalnya buka setiap hari, sempat mengurangi menjadi hanya tiga hari saja. Dihari Jumat, Sabtu dan Minggu. Sempat melakukan ujicoba untuk membuka wisata yang khas akan gemerlap lampu undah malam hari ini pada bulan Desember lalu, namun dirasa tetap tidak bisa maksimal.

“Pengunjung tetap minim karena berbagai faktor, seperti hujan dan masih adanya pandemi. Maka dari itu, lewat keputusan bersama kami kembalikan hanya tiga hari saja dalam seminggu,” ujarnya. Terlebih lagi adanya PPKM dirasa lebih memberatkan lagi, karena memangkas jam operasional BNS.

Upaya meminta keringanan untuk tetap memperbolehkan beropasi sepanjang jam operasional normal sudah dilakukannya kepada beberapa dinas terkait. Namun, Harry juga sadar akan kecemburuan yang muncul pada wisata lain jika hal tersebut dikabulkan.

“Tidak ada seperti itu saja pengunjung disini tidak pernah mencapai angka 50 persen, apalagi ada peraturan tersebut. Pasti dampak ke wisatawan sangat terasa,” ungkapnya. Musim hujan juga membuat pelancong ogah untuk berekreasi. Apalagi wahana BNS yang mayoritas adalah outdoor.

Belum kembali aktifnya persekolahan juga membuat pihak pengelola tak mau memasang ambisi tinggi. Pengunjung yang hadir kebanyakan hanya dalam skala keluarga, tanpa ada rombongan besar.

“Semoga dengan adanya ini wisatawan bisa normal kembali dan meningkat, toh cuma dua minggu saja. Kami ikuti kebijakan yang ada,” imbuhnya.

Pengumuman tetap bukanya BNS tetapi dengan peraturan yang berbeda akan segera disebarkan ke para calon pelancong luar daerah lewat media sosial. Harga tiket yang dipatok juga kembali seperti awal karena masih sepinya pengunjung.(der)