Ini Berbagai Manfaat Tepung Beras untuk Kulit

Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGVOICE – Tepung beras pada dasarnya merupakan bahan utama membuat kue. Tapi, bagaimana jika digunakan untuk kulit?

Nah, diketahui tepung beras telah digunakan selama berabad-abad lamanya sebagai bahan perawatan kecantikan alami oleh para wanita di berbagai negara Asia.

Tepung beras ternyata dikenal efektif untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit, garis-garis halus pada wajah, serta melawan penuaan dini pada kulit wajah.

BNN Kota Malang

Melansir dari laman boldsky.com, berikut MVoice mengulas beberapa cara memanfaatkan tepung beras untuk perawatan kulit.

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Tepung beras dikenal efektif mengurangi jerawat. Karena sifat antiseptik yang dapat melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Bahan alami ini juga mengandung allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Selain itu, khasiat lain dari Allantoin yaitu dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

Cara Penggunaan:

Taruh satu sendok makan tepung beras di dalam sebuah mangkuk. Lalu campurkan satu sendok makan gel lidah buaya dan satu sendok teh madu hingga menjadi pasta.

Aplikasikan pada kulit wajah, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas bersih.

2. Mengatasi Penuaan Dini

Jika kamu sedang mencari bahan alami untuk melawan penuaan dinj pada kulit wajah. Tepung beras bisa menjadi salah satu solusinya.

Sebab, tepung beras memiliki kandungan ferulic acid, yakni anti-oksidan yang membantu mengencangkan kulit yang kendur, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lembap.

Selain itu tepung beras juga kaya akan vitamin B yang dapat meregenerasi sel-sel wajah serta melawan proses penuaan kulit.

Tak hanya itu, penggunaan masker tepung beras secara teratur juga dapat mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit yang membuat kamu selalu terlihat segar dan awet muda.

Cara penggunaan:

Masker anti-penuaan ini terdiri atas campuran dua sdm tepung beras, satu putih telur, dan satu sdm madu.

Oleskan masker ke wajah kamu yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan sampai benar-benar kering.

Lepaskan masker secara perlahan ke arah atas menggunakan ujung jari kamu. Kemudian, bilas dengan air dingin

3. Menghilangkan Komedo

Satu masalah wajah yang dapat membuat mood hilang adalah komedo. Bagaimana tidak, meski telah dibersihkan berkali-kali, tak jarang komedo akan muncul kembali.

Komedo muncul ketika sebum terakumulasi pada kulit, itu mengarah pada pembentukan komedo. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan tepung untuk menghilangkan komedo.

Sebab, tepung beras memiliki sifat yang membantu dalam menyerap kelebihan minyak dari permukaan kulit. Sifat antiinflamasi tepung beras mencegah segala jenis peradangan pada kulit.

Cara Penggunaan:

Siapkan satu sendok makan tepung beras dan satu sendok gel lidah buaya. Selanjutnya, ambil lidah buaya segar dan keluarkan gel putih segar, lalu pindahkan ke mangkuk. Tambahkan tepung beras dan campurkan bahan-bahannya dengan baik.

Jika bahan-bahan sudah tercampur dengan baik, gosok lembut tepung beras lidah buaya di wajah Anda untuk menghilangkan komedo. Biarkan selama lima menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat untuk hasil yang lebih baik.(Hmz/Aka)