HUT Ke-7 Warung Perancis Polinema, Turut Dimeriahkan Band Rock Carambolage

istimewa.
istimewa.

MALANGVOICE – Dalam menyambut HUT ke-7 Warung Perancis Politeknik Negeri Malang (Polinema), Institut Francais Indonesia (IFI) turut menghadirkan band rock asal Perancis, yakni Carambolage.

“Untuk perayaan yang ke tujuh ini, kami mendapat kejutan dari kedutaan yakni dihadirkan Carambolage dan band asal Bali. Ini sebuah momen yang sangat spesial,” ujar penanggung jawab Warung Perancis Polinema, Doddy Maulana pada malam puncak perayaan, pada 21 November kemarin.

Bertemakan “Cinta yang Spontanitas” program ini, dijelaskan Doddy menjadi ajang perkenalan sebuah tempat lembaga institusi atau pusat informasi pendidikan budaya bahasa dan beasiswa pendidikan sekolah Perancis.

BNN Kota Malang

“Ini merupakan ajang pengenalan, makanya yang hadir yakni dari mahasiswa dan siswa,” terangnya.

Kendati demikian, hingga kini belum ada mahasiswa Polinema yang lolos beasiswa dan kuliah di Perancis. Hal ini dikarenakan persaingan individu yang cukup ketat untuk memperebutkan kuota beasiswa tersebut se-Indonesia.

Sementara itu, Pembantu Direktur 3 Polinema, Anggit Murdani menjelaskan awal mula berdirinya Warung Perancis adalah sebagai wadah mahasiswa yang berminat belajar tentang kebudayaan Perancis.

“Awalnga hanya beberapa orang dan lama-lama semakin banyak dan berkembang,” terangnya.

Tak berhenti sampai di situ, pihaknya pun kemudian melibatkan institusi terkait untuk kerjasama. Ke depan, ia pun berharap, dengan kerjasama seperti ini mampu membuka kelas internasional hingga pertukaran pelajar dengan perguruan tinggi Perancis.

“Nanti InsyaAllah bisa kami kembangkan ke arah sana. Tentunya harus dibatasi oleh pihak kedutaan ya,” tandasnya.

Perlu diketahui, IFI merupakan lembaga yang membawahi kegiatan kebudayaan, pendidikan, beasiswa serta kerjasama antara Perancis dan Indonesia. Sedangkan Warung Perancis merupakan pusat pendidikan beasiswa, budaya, dan bahasa Perancis yang ditempatkan di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia. Salah satunya di Polinema.

Sementara pusat informasi pendidikan dan beasiswa Perancis di Indonesia, terbagi 5 IFI dan 2 Warung Perancis. (Hmz/Ulm)