Hasil Test Pack Pada Pria Positif, Bahayakah?

ilustrasi. (Medical News Today)

MALANGVOICE – Penggunaan test pack pada wanita memang sangat wajar, apalagi bila terdapat dua garis biru yang artinya akan mendapatkan sang buah hati.

Namun, apa yang terjadi jika test pack digunakan pada pria dan hasilnya positif atau keluar dua garis biru?

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata dalam beberapa kasus tanda positif di tes kehamilan bisa menjadi pertanda kanker testis bagi seorang pria.

BNN Kota Malang

Tes kehamilan berfungsi mendeteksi beta human chorionic gonadotropin (beta hCG), yakni hormon dalam darah dan urine yang dihasilkan oleh perkembangan plasenta. Namun para ahli mengatakan beta hCG ini juga bisa menandakan kanker testis.

Hasil tes kehamilan yang positif dapat menjadi salah satu petunjuk, tapi tanda pertama dari kanker testis biasanya adalah benjolan yang menyakitkan. Setelah diagnosis kanker testis dibuat, hormon beta hCG adalah indikator yang baik dari respons tumor terhadap pengobatan.

Dr. Ted Gansler selaku direktur konten medis untuk American Cancer Society menjelaskan, “Ketika diagnosis, hanya sebagian kecil pria saja dengan kanker testis yang memiliki level HCG tinggi yang bisa dideteksi oleh alat tes kehamilan,” katanya.

Pria dapat melakukan tes darah untuk cek HCG, karena mungkin saja hasil persentase untuk kanker tersebut salah.

“Sebaiknya lakukan pendeteksian dini bisa dilakukan dengan cara tes urine atau dengan cek darah untuk deteksi tumor. Dengan menggunakan alat tes kehamilan ini kematian akibat kanker testis dapat dicegah,” tambah Gansler.

Meski begitu, dikatakannya masih jarang seseorang yang menggunakan test pack ini untuk deteksi kanker. Hasil dokumentasi medis menyebutkan bahwa beberapa pasien pria dan wanita dengan sakit pankreas, paru-paru, sakit perut atau kanker lainnya mungkin memiliki tingkat HCG cukup tinggi sehingga hasil tes pada alat tes kehamilan positif. (Hmz/Aka)