Semarak HUT Kota Batu

Festival Inovasi Pemkot Batu, Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Acara Festival Pelayanan Publik. (Istimewa)

MALANGVOICE – Merayakan HUT ke-17 Pemerintah Kota Batu menggelar festival Inovasi dan Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Batu, Senin (22/10). Acara ini sekaligus dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Batu.

Festival yang digelar hingga Jumat, 26 Oktober 2018 ini diikuti beberapa penyedia layanan publik, di antaranya Kantor Imigrasi, Samsat, Pelayanan Pajak, Pelayanan BPJS, KTP, Perijinan, hingga Pelayanan Ketenagakerjaan.

Pada kesempatan yang sama, Kecamatan Batu meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Desa (Simade). Simade merupakan aplikasi pelayanan yang sudah terintegrasi dengan desa dan kecamatan. Aplikasi yang menyediakan lebih dari 34 jenis layanan ini memiliki banyak manfaat, seperti pengurusan surat-surat, pengolahan statistik penduduk, rekap data, hingga peningkatan efisiensi dan efektifitas kerja perangkat desa.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko sangat antusias dan mengapresiasi peluncuran aplikasi ini. Dewanti menuturkan, peningkatan pelayanan menggunakan Teknologi Informasi (TI) harus dilakukan kerjasama yang baik antara masyarakat dan penyedia layanan.

banner

“Secanggih apapun sistemnya, harus dilakukan pendampingan antara masyarakat dengan petugas. Diharapkan pelayanan yang diberikan bisa maksimal dan masyarakat bisa melakukan aktivitas dengan mudah dan efisien,” tutur Walikota Batu.

Aplikasi Simeda ini sudah dapat didownload melalui google play store. Harapannya dengan aplikasi yang diluncukan dan festival inovasi pelayanan publik. (Der/Ulm)