Efektif Mencegah Tanah Longsor, Pemkot Malang Gencar Tanam Rumput Vetiver

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko bersama Forpimda Kota Malang menanam rumput Vetiver di Kelurahan Pisang Candi, Senin (24/2). (Humas Pemkot Malang)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko bersama Forpimda Kota Malang menanam rumput Vetiver di Kelurahan Pisang Candi, Senin (24/2). (Humas Pemkot Malang)

MALANGVOICE – Pemkot Malang gencar-gencarnya menanam rumput Vetiver. Rumput ini diyakini efektif mencegah terjadinya tanah longsor.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menjelaskan, bahwa rumput Vetiver ini memiliki akar yang menyebar dan memiliki kekuatan untuk dapat mempertahankan lapisan tanah bagian atas. Sehingga dapat mengatasi tanah longsor sekaligus untuk menyehatkan kembali kondisi struktur tanah. Bahkan bisa mengembalikan kualitas air tanah.

“Saya berharap agar rumput Vetiver juga dapat kita tanam di wilayah Supiturang. Agar dapat menghindari longsor. Lahannya sudah ada tinggal kita persiapkan bibitnya,” kata saat memberikan sambutan pada Apel Kesiapan Penanaman Budidaya Rumput Vetiver di Kelurahan Pisang Candi, Senin (24/2).

BNN Kota Malang

Terlebih di TPA Supiturang, lanjut dia, terdapat limbah air lindi (cairan keluar dari sampah) yang sulit diurai. Sedangkan akar rumput Vetiver diyakini mampu memfilternya.

“Mesti ditata dulu, pematangan lahan, harus ada pengurukan tanah, kemudian proses pembibitan, daripada rumput itu; semoga dalam waktu pendek kita mempersiapkan itu semua sehingga kita bisa tanam di sini,” urai pria akrab disapa Bung Edi ini.

Politisi Golkar ini menambahkan, agar kegiatan ini dapat terus berlangsung secara konsisten dan dilaksanakan secara menyeluruh di wilayah Kota Malang.

“Utamanya di Daerah Aliran Sungai (DAS) serta lokasi-lokasi yang dinilai rawan longsor,” imbuhnya.

Perlu diketahui, menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait penanggulangan bencana khususnya hidrometeorologi. Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Kapolresta Malang Kota, Kombes Leonardus Simarmata, dan Komandan Kodim 0833 Kota Malang Letkol Tommy Anderson menggerakkan berbagai komponen masyarakat untuk berperan aktif menyukseskan program penanaman rumput vetiver.(Der/Aka)