Dua Pemuda Kabupaten Malang Dinyatakan Lulus SNMPTN di Usia 15 Tahun

Gading Mahendra Sebayang (Kanan) dan Muhammad Zacky Hafiyyan Maulana (Kiri), saat di wawancarai awak media. (Toski D)

MALANGVOICE – Dua pemuda 15 tahun asal Kabupaten Malang dinyatakan lolos seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Kedua pemuda tersebut bernama Gading Mahendra Sebayang, warga Desa Ngijo, Karangploso dan Muhammad Zacky Hafiyyan Maulana, warga Desa Krebet Senggrong, Bululawang.

Gading Mahendra Sebayang (Kiri) dan Muhammad Zacky Hafiyyan Maulana (Kanan), saat bersam ibu mereka. (Toski D)

Mereka merupakan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Malang, dari kelas G4 atau program kelas kelompok belajar cepat, dan telah telah menempuh sistem jalur Satuan Kredit Semester (SKS). Sehingga dapat menyelesaikan pendidikan di SMA hanya dua tahun.

Gading (15) dinyatakan telah diterima di Universitas Brawijaya (UB) Malang dengan Jurusan Sistem Informasi melalui jalur SNMPTN. Sedangkan Zacky (15) diterima di Jurusan Kedokteran Umum UB Malang.

Padahal, dilihat dari segi usia, mereka seharusnya saat ini masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), kelas 9 (3 SMP, red).

“Saya di SMAN 3 ini masuk di kelas G4, jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Mulai di SMP saya masuk kelas belajar cepat atau program akselerasi, di SMP saya hanya dua tahun,” kata Gading Mahendra Sebayangz, saat ditemui awak media, di SMAN 3, Kota Malang, Selasa (30/3).

Menurut Gading, ketika masih duduk di Sekolah Dasar (SD), dirinya sudah pernah mengikuti berbagai perlombaan baik di tingkat regional hingga Nasional.

“Kalau saat di SMAN 3 Malang, saya pernah mengikuti Student exchange 2019 di negara Thailand. Itulah yang membuat saya memilih Jurusan Sistem Informasi di UB Malang, dan Alhamdulillah lukus seleksi SNMPTN 2021,” jelasnya.

Sementara itu, Muhammad Zacky Hafiyyan Maulana, mengatakan jika dirinya telah diterima di Kedokteran Umum UB Malang melalui SNMPTN 2021.

“Dari dulu, mulai kecil cita-cita saya memang ingin menjadi dokter. Makanya, saat mengikuti SNMPTN saya memilih jurusan Kedokteran Umum, dan alhamdulilla diterima di UB Malang,” ucapnya.

Menurut Zacky, dirinya bersama Gading merupakan teman dalam satu kelas yang ikut dalam program G4 di SMAN 3 Kota Malang

“Saya dan Gading sejak duduk di SMPN 3 Malang satu kelas. Untuk prestasi di SMA, pernah sebagai Peserta Medspin FK UNAIR Tingkat SMA/MA, Peserta Olfar Farmasi UNAIR tingkat SMA/MA, dan Peserta KSN-K Biologi Kota Malang tingkat SMA/MA,” tandasnya.

Sebagai informasi, Gading sejak duduk dan bangku SD pernah masuk Finalis Olimpiade Matematika dan Sains (OMSI) tahun 2016.

Setelah itu, ketika di SMP, berbagai perlombaan pernah diikuti, seperti Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) se-Indonesia tahun 2018,

Selanjutnya, sebagai Finalis Lomba Matematika dan IPA Nalaria Realistik (LMIPA-NR) ke 2, Peserta Lomba Humanika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universita Gajah Mada (UGM) tahun 2017, dan Peserta The Floyd of Number Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) MIPA Universitas Malang (UM) tahun 2018.

Sedangkan, Zacky sejak di bangku SD pernah Juara 1 Olimpiade IPA tingkat SD se-Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, dan meraih Nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi se-Kabupaten Malang Tingkat SD/MI.

Ketika duduk di bangku SMP, Zacky pernah masuk Perempat finalis Olimpiade IPA se-Kabupaten Malang, dan Peserta lomba BESC Biologi UNAIR tingkat SMP/MTS, serta masuk Perempat finalis lomba Langsep Challenge tingkat SMP/MTS SMAK Santa Maria, Kota Malang.(der)

article bottom ad