Diterpa Angin Kencang, Tiga Kawasan di Kota Batu Porak-Poranda

Rumah warga yang tertimpa atap seng akibat angin kencang di Jalan Wukir, Kelurahan Temas, Kota Batu, Kamis (10/10). (BPBD for MVoice)
Rumah warga yang tertimpa atap seng akibat angin kencang di Jalan Wukir, Kelurahan Temas, Kota Batu, Kamis (10/10). (BPBD for MVoice)
Article top ad

MALANGVOICE – Tiupan angin kencang menyapu sebagian wilayah Kota Batu. Akibatnya, sebanyak tiga titik rusak terkena dampak, Kamis (10/10).

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan bila angin kencang itu terjadi secara tiba-tiba saat cuaca panas sejak pagi tadi.

“Beruntung, tidak ada korban dalam musibah angin kencang tersebut. Hanya terdapat rumah yang mengalami kerusakan ringan. Rata-rata rusak di bagian atapnya,” ujarnya.

Kerusakan di tiga titik tersebut di antaranya pertama di Jalan Pandanrejo, menimbulkan tumbangnya pohon mahoni yang akarnya telah lapuk. Pohon terebut berdiameter 20 sentimeter dan panjang 15 meter.

“Menyebabkan tembok cor yang berada di pangkal pohon ikut ambrol,” ungkapnya.

Selain itu mahoni tersebut juga menimpa kabel milik PLN yang terdiri dari satu kabel rumah dan dua kabel PJU.

“Sehingga kerusakan atau kerugian yang kami catat yakni tiga buah kabel milik PLN rusak dan tembok cor di bagian pangkal pohon ambrol,” sambungnya.

Selanjutnya di Jalan Wukir, Kelurahan Temas, atap seng toko bangunan milik Alkaf (47) terbang tertiup angin dan menimpa dua rumah di sekitar toko.

Dua rumah terdampak milik Suhartono (46). Rumah ini tertimpa di bagian atap rumah. Sedangkan satunya milik Minto (39), yang mengalami kerusakan di bagian dinding karena tertimpa atap seng milik toko bangunan.

Terakhir, di Jalan Pattimura, Kelurahan Temas angin kencang merusak bangunan dua lantai yang berfungsi sebagai tempat kos milik Udin.

“Bagian bangunan yang rusak yaitu atap yang terbuat dari seng galvalum lepas dan terbang tertiup angin. Seng galvalum itu panjangnya 6 meter dan lebar 8 meter,” tutupnya.(Hmz/Aka)