Disdikbud Kota Malang Akui Ada Masalah di Website PPDB

ilustrasi
ilustrasi

MALANGVOICE – Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Malang banyak dikeluhkan masyarakat kota yang hendak mendaftarkan calon siswa.

Mayoritas masyarakat mengeluhkan tentang kesiapan panitia PPDB, mulai dari penggunaan server yang tidak stabil dan adanya pergantian alamat pendaftaran, yang awalnya ppdb.dikbud.web.id menjadi ppdb.malangkota.go.id.

Disinilah permasalahan semakin masif, lantaran server masih tetap down, dan masalah keamanan pendaftar.

BNN Kota Malang

Sekretaris Disdikbud Pemkot Malang, Totok Kasianto, mengatakan, ada dugaan website PPDB diretas.

Akibat ulah peretas tersebut banyak data siswa hilang, dan ada penggelembungan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) pada sekolah.

“Website kami diretas, itu yang membuat Laman PPDB error, apalagi banyak wali murid yang ingin melakukan daftar ulang kalang kabut,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Totok Kasianto, Kamis (21/5).

Dengan adanya peristiwa tersebut, lanjut Totok, dirinya telah mengadukan permasalahan perubahan data verifikasi penerimaan SMP jalur prestasi lewat PPDB ke Polresta Malang Kota.

“Masalah ini sudah saya laporkan ke kepolisian. Saat ini masih dalam penyelidikan, siapa yang telah melakukan peretasan itu,” tukasnya.(Der/Aka)