Direktur Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Buka KKCTBN 2019

KKCTBN 2019. (Lisdya)
KKCTBN 2019. (Lisdya)
Article top ad

MALANGVOICE – Tahun ini, Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dimulai pada 10 hingga 12 Oktober.

Event tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti (Kemenristek Dikti) ini memiliki tiga kategori, yakni kapal kendali otomatis, kapal cepat listrik dengan sistem kendali jauh dan kapal cepat berbahan bakar dengan sistem kendali jauh.

“Ini yang keenam kontesnya. Sekarang kami melombakan tiga jenis dan kemudian yang dari sisi peserta tahun ketahun ada yang silih berganti ada yang lebih banyak. Tahun ini yang mengikuti ada 30 perguruan tinggi (PT),” ujar Direktur Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, Didin Wahidin usai membuka KKCTBN, Jumat (11/10).

KKCTBN ini, lanjut Didin merupakan medan latihan bagi mahasiswa untuk mencoba mensejajarkan diri dari peluasan teknologi di era revolusi 4.0 serta membuat inovasi dari bidang perkapalan. “Kontes ini kami lakukan terus menerus untuk pembelajaran rutin. Dan kami berharap dari taun ke tahun semakin naik kualitasnya,” ungkapnya.

Mahasiswa yang mengikuti KKCTBN, dikatakan Didin, dapat menambah soft skill mereka dan mudah dicari oleh industri khususnya di bidang perkapalan. “Tentu, karena kami terus memompa agar apa yang menjadi kerjasama kami dalam dunia perusahaan. Dan ini merupakan tambahan bagi mahasiswa,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UMM, Fauzan mengatakan jika pihaknya telah menyiapkan kontes ini dengan semaksimal mungkin. Dan ia berharap jika mahasiswanya dapat memenangkan kontes ini.

“Segala sesuatu sudah dipersiapkan UMM. Ada target khusus. Kalau memang ada mahasiswa yang menjuarai kontes ini ya pasti ada reward dari pihak kampus,” tandasnya.(Hmz/Aka)