Kota Malang Bakal Punya Monorel?

Dianggap Solusi Urai Kemacetan, Pemkot Serius Garap Monorel

Wali Kota Malang, HM Anton. (Muhammad Choirul)
Wali Kota Malang, HM Anton. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, merasa perlu membangun monorel untuk mengurai kemacetan. Hal itu diungkapkan pada awak media, Rabu (4/1) di Balai Kota.

Sejauh ini, wacana pengadaan monorel masih pada tahap pengerjaan Detail Engineering Design (DED). “DED sudah mulai dijalankan penyusunannya saat ini, tinggal tunggu bagaimana nanti lanjutan dari investor,” ungkapnya.

Menurut Anton, pengadaan monorel merupakan solusi mengurai kemacetan di Kota Malang. Dia menegaskan, Pemkot serius menyelesaikan permasalahan macet.

“Ini menjadi bahan PR kita. Kami juga berkoordinasi dengan pusat mencari celah yang bisa membantu mengurai masalah kemacetan ini. Banyak yang menyampaikan usulan pada kami,” urainya.

Dia mengaku, ada juga investor yang berminat membangun tol dalam kota. Meski begitu, usulan itu masih dalam kajian, karena ada risiko terlalu besar. Dikatakan Anton, tol dalam kota bisa merusak pemandangan serta memakan banyak lahan.

“Kalau monorel, tidak usah memakan badan jalan terlalu besar. Misalnya di bangun di atas taman-taman pembatas jalan. Kan yang di tanah berbentuk pilar-pilar begitu saja. Lebih bagus itu,” pungkasnya.