Dewanti Ajak Seniman ‘Nongkrong’ di Balai Kota Among Tani

Dewanti Rumpoko saat menghadiri pembukaan pameran tunggal Bintang Tanatimur di Galeri Raos Kota Batu. (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Wali Kota Batu Terpilih, Dewanti Rumpoko ajak seniman Kota Batu manfaatkan Balai Kota Among Tani. Khususnya tentang peningkatan ekonomi kreatif dan menggaet wisatawan.

Hal ini diungkap Dewanti saat menghadiri pameran tunggal seniman cilik asal Yogyakarta, Bintang Tanatimur di Galeri Raos Kota Batu, Jumat lalu (18/8).
Istri Eddy Rumpoko ini membuka pintu lebar-lebar untuk para seniman, apalagi kaitannya dengan konsep pariwisata. Pihaknya pun tak akan memungut biaya, alias gratis.

“Manfaatkan Balai Kota Among Tani Terlebih kaitannya dengan menggaet wisatawan dengan karya seni tidak menutup peluang besar ekonomi kreatif,” kata Dewanti.

BNN Kota Malang

Perempuan juga akademisi di Universitas Merdeka Malang (Unmer) ini menambahkan, pemerintah akan memfasilitasi apapun yang dibutuhkan. Namun, pihaknya menekankan pada inisiatif seniman bersangkutan sendiri.

“Gagasannya ya dari mereka (seniman) saja, kami hanya buka pintu fasilitas karena seniman identik tidak ingin diatur,” ujarnya.

Diakui Dewanti, fasilitas seperti yang dimiliki Galeri Raos tidak cukup mewadahi ekspresi seniman. Selain tempatnya terbatas dan minim lahan parkir. “Nah, apa yang ada saat ini, Balai Kota misalnya, dimanfaatkan, bisa jadi ajang nongkrong dan merembuk gagasan,” pungkasnya.


Reporter: Aziz Ramadani
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yunus Zakaria