Demi Tanam Pohon, Pemuda Asal Bandung Bersepeda ke Kota Batu

Aksi Nyata "Galakkan Aksi Peduli Lingkungan dengan Mengendarai Sepedah Pancal dari Bandung-Bali-Bandung". (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Mohamad Rohman Sulaiman, seorang pecinta lingkungan jauh-jauh dari Bandung ke Kota Batu mengendarai sepeda. Ia sengaja datang ke Sumber Air Binangun di Desa Bumiaji, Minggu (13/1).

Pemuda tersebut mampir ke Kota Batu karena memiliki visi dan misi yang sama, yaitu tanam pohon. Begitu sampai di sumber air tersebut ia langsung jadi rebutan pecinta lingkungan untuk berfoto.

Meskipun terlambat dalam menyaksikan dan mengikuti acara inti dari kegiatan Sinergi Peduli Ekologi yang diadakan di Sumber Air Binangun Desa Bumiaji, ia tetap senang karena ada daerah yang sangat memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

“Saya sedikit mengetahui sih kalau di Kota Batu ini banyak mempunyai sumber air. Dan ada kegiatan rutin tanam pohon setiap bulannya di sumber, oleh sebab itu saya tertarik untuk ke datang sini,” jelas Rohman ketika di temui Malang Voice.

Ia berangkat dari Bandung tanggal 13 Desember 2018. Selama di perjalan ia mengalami berbagai kendala di antaranya dua kali ganti ban karna ban sepedanya meletus. Ia juga harus rela tidur di masjid hingga pom bensin.

“Tapi gak semuanya, terkadang ada beberapa teman yang menawari saya penginapan. Jadi saya mau tidak mau harus menginap di rumah temanku itu karena merasa tidak enak sudah ditawari,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan pertama kalinya itu ingin mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Maka dari itulah, Rohman bercerita tentang ekspedisinya ini untuk mengajak anak-anak muda agar lebih peduli terhadap lingkungan.

“Saya membawa visi ini untuk mengajak orang agar ikut menanam pohon. Salah satunya juga, saya ingin mengajak relawan yang mau ikut ke daerah saya (Bandung) untuk menanam pohon juga. Agar masyarakat didaerah saya juga lebih peduli terhadap lingkungan,” jelasnya.

Bahkan, di sepeda pancal miliknya tersebut terdapat tulisan “Bersepeda ±2000 km. Bandung-Bali-Bandung. 1km=1 pohon. Bersama hijaukan bumi Bandung bersama menghijaukan Indonesia.”

Artinya, dia menggunakan media sepeda untuk menyuarakan aksinya itu kepada masyarakat di daerah yang dilewatinya. Selain itu, dia juga meminta kepada teman-temannya agar mau menyumbangkan satu bibit pohon untuk menyukseskan aksinya itu.

Setelah dari Kota Batu ini, Rohman bercerita kalau diajak oleh temannya dalam pertemuan penanaman pohon di Hutan Mangrove Semarang. Akan tetapi, sebelum ke Semarang dirinya masih ke Wates, Kediri dengan visi yang sama. “Mohon doanya ya semoga aksi ini membawa manfaat untuk semuanya,” pungkasnya.(Der/Aka)