Danrem 083/Bdj Kagumi Pameran Pusaka Nusantara

Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Bangun Nawoko melihat keris di pameran Pusaka Nusantara. (istimewa)

MALANGVOICE – Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Bangun Nawoko, membuka pameran Pusaka Nusantara di Sasana Krida Universitas Negeri Malang (UM), Jumat (25/8).

Pameran bertema ‘Singhasari Bangkit’ ini diselenggarakan Paguyuban Pecinta dan Pelestari Tosan Aji Nusantara Aji Saka Malang.

Kegiatan ini menurut Bangun Nawoko, sangat luar biasa. Betapa tidak, dengan pameran ini sekaligus melestarikan warisan nenek moyang, seperti keris. Tosan Aji dikatakannya tidak lepas dari budaya bangsa dan nusantara, di mana para tokoh dan pejuang bangsa juga menggunakan Tosan Aji dalam perjuangan kemerdekaan bangsa.

BNN Kota Malang

“Diharapkan dalam pameran Tosan Aji ini mampu memberikan pendidikan, wawasan dan meningkatkan pemahaman serta kecintaan masyarakat terhadap seni budaya,” katanya sesuai rilis yang diterima MVoice.

Ditambahkan Ketua Paguyuban Pecinta dan Pelestari Tosan Aji Nusantara Aji Saka Malang, R Prasena Cakra Adiningrat, pada pameran ini diselenggarakan untuk peringati HUT ke-72 RI.

Beberapa keris yang dipamerkan antara lain dari Empu Sepuh dan keris baru dari Empu Kamardikan. Selain itu ada beberapa stan yang berdiri dengan memanerkan keunikan pusaka khas Nusantara.(Der/Ak)