BPBD Kabupaten Malang: Desa Karangkates Alami Kekeringan

Distribusi air bersih ke warga Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. (foto diambil di twitter BPBD Kab. Malang)

MALANGVOICE – Kekeringan mulai melanda daerah Kabupaten Malang. Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, merupakan satu-satunya desa yang kesulitan air.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD, Bagyo Setyono, mengatakan, dampak musim kemarau baru terasa di Desa Karangkates. Warga mulau kesulitan air dalam beberapa hari terakhir.

Pihaknya lantas mendistribusikan air bersih ke warga setiap harinya.

BNN Kota Malang

“Baru di Karangkates. Sudah teratasi sejauh ini. Setidaknya, warga bisa mendapatkan air bersih,” kata dia, beberapa menit lalu.

Belum ada laporan desa lainnya yang mengalami kekeringan. Padahal, kata Bagyo, jika melihat tren setiap tahun, kekeringan bisa melanda beberapa desa yang menjadi langganan.

“Baru-baru ini saja warga kesulitan air. Semoga saja tidak menyebar ke desa lain,” ungkapnya.

Pihaknya bersama Dinas Perumahan , Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, PMI dan PDAM telah siap sejak awal, guna menanggulangi bencana kekeringan di masyarakat.

Mobil tangki pengangkut air juga telah disiapkan.”Sesuai intruksi pak bupati. Supaya masalah kekeringan harus diatasi. Dengan cara mendistribusikan air ke warga,” jelasnya.(Der/Yei)