BINUS Tawarkan Kuliah Singkat 2,5 Tahun

BINUS. (Istimewa)

MALANGVOICE – BINUS Malang menawarkan kuliah singkat hanya 2,5 tahun saja bagi mahasiswa untuk bisa langsung menggapai karier lewat enrichment program.

Program ini diluncurkan sebagai respons terhadap isu nasional terkait banyaknya angkatan tenaga kerja yang menganggur. Dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) per tahun 2022, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jawa Timur sudah mencapai 5,49 persen.

Meski sudah menurun dari tahun ke tahun, upaya berkelanjutan untuk menguranginya tetap penting, Melihat data tersebut, terbukti bahwa Indonesia sebenarnya punya tantangan yang cukup kronis di bidang ini.

Hambatan penyerapan tenaga kerja ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya ketidaksesuaian bidang studi dengan kebutuhan pasar zaman sekarang sampai ketidaksesuaian jumlah lapangan pekerjaan dengan total angkatan siap kerja.

BINUS UNIVERSITY sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia, tidak tinggal diam melihat adanya permasalahan tersebut di masyarakat. Lantas, hadirlah penawaran bahwa mahasiswa bisa #MulaiLebihAwal berkarir hanya dalam waktu 2,5 tahun kuliah
melalui enrichment program.

Ada tujuh program di dalamnya, meliputi research, entrepreneurship, internship, further, study, study abroad, community development, dan specific independent study.

“Kami merasa dunia pendidikan di Indonesia perlu program dengan durasi waktu yang seimbang antara pemerolehan pengetahuan baru dan kesiapan untuk mengaplikasikan skill dan pengetahuan teori di industri. Untuk menjawab tantangan tersebut, kami menawarkan 2,5 Tahun Kuliah, langsung gapai karir,” tutur Direktur kampus BINUS Malang, Dr. Robertus Tang Herman, S.E., M.M.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan pengalaman praktikal yang
sangat bermanfaat di lingkungan kerja mendatang. Di sisi lain, para alumni juga tetap mempunyai ruang untuk melanjutkan studi, baik di dalam maupun luar negeri.

Meski singkat, Dr. Robertus Tang Herman, S.E., M.M. mengatakan, pendidikan yang didesain berdasarkan kondisi zaman seharusnya menjadi solusi aplikatif di antara berbagai pilihan lainnya.

Digital Technopreneur Campus Bukan hanya menghadirkan program enrichment yang dapat ditempuh dalam waktu 2,5 tahun saja, namun juga fokus terhadap pemenuhan SDM pada bidang Digital Technopreneur. BINUS @Malang memiliki komitmen kuat dalam berkontribusi mengembangkan Digital Technology dan Entrepreneurship.

Tak heran, kampus ini hadir dengan prodi yang berbasis digital teknologi yang mencetak lulusan yang siap menjadi seorang technopreneur. Jurusan-jurusan tersebut adalah Visual Communication Design,
Informatics, Business Creation, Public Relations, Communications, Interior Design, Digital Business Innovation dan Interactive Desain Technlogy.

Program BINUS Sejalan dengan RPJD Jawa Timur
Program enrichment yang diselenggarakan kampus BINUS @Malang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJD) Jawa Timur 2025-2045. Dalam RPJD tersebut disebutkan bahwa prioritas mereka adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mengingat angka pengangguran di Jawa Timur masih tinggi, yaitu dua digit.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menargetkan tahun 2025 hingga 2030 jumlah pengangguran akan turun di bawah angka 9 koma. Target yang ambisius tersebut bisa dicapai apabila masyarakat menempuh pendidikan di kampus BINUS @Malang. Dengan waktu 2,5 tahun saja, pengetahuan, pengalaman, dan daya saing di pasar pun akan meningkat karena BINUS @Malang menawarkan mahasiswa untuk bisa menggapai karier lebih awal.

Tersedia Beasiswa hingga 100 persen Tak hanya menawarkan program yang solutif merespons kebutuhan pasar, BINUS @Malang juga mempunyai program beasiswa bagi calon mahasiswa yang ingin gapai karier lebih awal hanya dalam waktu 2,5 tahun kuliah melalui enrichment program.

Beasiswa yang ditawarkan adalah potongan hingga 100% untuk biaya program perkuliahan singkat ini.(der)