Kota Malang Memilih Pemimpin

Agar Bantuan Pemerintah Tak Meleset, Ini Langkah Sutiaji

Sutiaji bersama seniman dan musisi. (istimewa)
Sutiaji bersama seniman dan musisi. (istimewa)

MALANGVOICE – Calon Wali Kota Malang nimor urut 3, Sutiaji, merespon keluhan warga terkait sistem rekapitulasi data yang amburadul sehingga banyak program bantuan pemerintah meleset atau tidak tepat sasaran.

Menurut Sutiaji, terjadinya perubahan data ini selain akibat belum terbangunnya sistem pengawasan terpadu yang andal, juga karena tenaga pengelolanya yang bekerja tanpa keahlian.

“Kondisi ini harus segera dibenahi dan disinkronkan mulai dari struktur data terendah, misalnya data kependudukan di tingkat RT, RW, secara berjenjang hingga ke struktur data yang lebih tinggi sampai ke pusat,” katanya.

Perubahan data kependudukan sangat cepat terjadi karena kelahiran, mutasi, perpindahan, kematian, pertambahan usia, dan urbanisasi. Semua perubahan ini harus dikelola dengan sistem yang memadai berdasarkan IT, sehingga setiap perubahan demografis dapat diantisipasi untuk meminimalisasi kesalahan data.

Karena itu, selanjutnya paslon Sae ingin administrasi direkap “by system” sehingga bisa memotong waktu dan memangkas birokrasi untuk menghindari keleletan dan pungli.(Der/Ak)