Wakili Jatim ke Nasional, Desa Pujon Kidul Pamer Potensi Wilayah

0
104
Kepala Desa Pujon Kidul saat mempresentasikan potensi desanya (fathul)
Kepala Desa Pujon Kidul saat mempresentasikan potensi desanya (fathul)

MALANGVOICE – Kabupaten Malang ternyata punya desa yang berpotensi menjadi wisata nasional. Yakni Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, yang saat ini mendapat kunjungan dan pembinaan sari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI.

Kepala Desa Udi Hartoko, mengatakan, desa yang dipimpinnya itu punya banyak potensi yang tidak dimiliki desa lain. Berada di lembah pegunungan Dorowari, Anjasmoro, dan Kawi, Desa Pujon Kidul punya pemandangan yang luar biasa.

Pemandangan persawahan Desa Pujon Kidul di kaki gunung Dorowati dan Anjasmoro (fathul)
Pemandangan persawahan Desa Pujon Kidul di kaki gunung Dorowati dan Anjasmoro (fathul)

“Kita sudah menjuarai program Desa Wisata di tingkat Provinsi, dan berhak mewakili ke tingkat nasional. Ini adalah kebanggaan bagi 4.249 penduduk kami,” ungkap Udi kepada MVoice, usai mendapat kunjungan OJK.

Mayoritas penduduk di sana berprofesi sebagai petani dan peternak. Peternaknya sendiri mencapai 800bl orang yang tergabung dalam Gapoktan, sehingga menghasilkan susu sapi ratusan liter tiap hari.

Jumlah susu yang dihasilkan petani Pujon Kidul sebanyak 6.363 liter per hari, sedangkan di seluruh Pujon bisa menghasilkan 8,2 ton susu per harinya. Sedangkan pertaniannya, ada 59 hektar sawah dengan pengairan irigasi, dan 40 hektar ladang untuk ditanami berbagai macam tanaman.

“Di sini kita menanam padi, jagung, berbagai macam sayur seperti kubis, tomat, lombok, dan buah-buahan seperti apel dan stroberry. Jadi apa saja ada di sini, tentunya pantas kita jadi desa wisata,” imbuhnya.

Ia juga memaparkan soal potensi wisata, misalnya, ada Sumber Pitu yang juga pusat irigasi persawahan dengan fasilitas off road yang terkenal, juga wisata edukasi pertanian, budaya, ekonomi, didukung wisata alam yang indah.