Waduh, Nilai UN Kota Malang Jeblok, Ratna: Siswa Jangan Menyepelekan

0
154
Siswa SMA (anja)
Siswa SMA (anja)

MALANGVOICE – Hasil Ujian Nasional (UN) baik berbasis komputer maupun tulis diumumkan hari ini. Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang memang sudah mengantongi nilai hasil UN para siswa SMA, SMK dan Paket C dari pusat sejak Rabu (4/5) malam.

Dan ternyata, nilai ujian siswa SMA Kota Malang rendah, alias lebih buruk ketimbang tahun lalu.

Berdasar data yang diperoleh MVoice dari Dinas Pendidikan Jawa Timur, nilai rata-rata Unas jenjang SMA-MA Kota Malang 66,37, dengan jumlah peserta 3.491.

Selain itu, nilai rata-rata jurusan IPA yaitu 66,55 dengan jumlah peserta 2.299 siswa. Kemudian nilai rata-rata jurusan IPS 64,84, dengan jumlah peserta 926 siswa.

Lalu, jurusan Bahasa lebih tinggi, yakni 71,25 dengan jumlah peserta 226. Sedang MA/Islam rata-ratanya 64,20 dengan jumlah peserta 40.

Nilai rata-rata bahasa ini lebih tinggi dari nilai rata-rata tingkat provinsi yaitu 63,79 dengan jumlah peserta 110.004 orang.

Kabid Pendidikan Menengah Dindik Kota Malang, Ratna, mengatakan, kebijakan terkait nilai Unas yang tidak menjadi patokan kelulusan, disinyalir menjadi salah satu faktor turunnya nilai siswa.

“Tahun ini nilai Unas memang bukan penentu kelulusan. Tapi siswa harus ingat, untuk masuk ke perguruan tinggi, Nilai Unas dan Ujian Sekolah dijadikan pertimbangan. Jangan menyepelekan,” tandasnya.