Tristar Institute Buka Kelas Memasak di Batu

0
7
Siswa Tristar Institut saat memasak di ruang kelas. (istimewa)

MALANGVOICE – Konsep Batu sebagai kota wisata menarik Tristar Institute untuk membuka kelas memasak di Hotel Putri Bulan, Jalan Bukit Berbunga, Kota Batu.

Sejak akhir Oktober, Tristar mulai pamer memasak di ruangan paling depan hotel itu. Dengan tembok kaca, tamu hotel bisa melihat aktivitas kelas memasak para siswa Tristar Institute.

“Kami membuka cabang di Kota Batu karena melihat potensi wisatanya luar biasa. Apalagi di sini banyak hotel yang bisa menjadi sasaran tempat kerja para lulusan,” ungkap Penanggung Jawab Tristar Institute, Yuda Agustian.

Tristar sudah memiliki enam cabang, yakni tiga di Surabaya, di Mojokerto, BSD Tangerang, dan Kota Batu cabang terbaru. Untuk di Kota Batu, dikatakan Yuda, meniru konsep sekolah kuliner di Swiss.

“Di Swiss itu sekolah kulinernya ada di pegunungan, jadi tenang dan jauh dari keramaian. Siswa yang belajar memasak akhirnya konsentrasi dan berhasil,” tambahnya.

Pengajar lulusan Tristar ingin mewujudkan visi-misi Dinas Pendidikan dan Dinas Tenaga Kerja Kota Batu. Selain mendidik siswa terampil memasak, sekaligus mengantarkan siswa meraih peluang kerja yang baik.

“Kalau di sini pendidikan profesional memasak jenjang 1 sampai 2 tahun. Kalau mau jenjang D3 atau S1, Tristar juga menyediakannya di Mojokerto dan Surabaya. Sehingga lengkap semua pendidikan di sini,” imbuh lelaki asli Batu ini.

Meski baru dibuka, Tristar Institute sudah banyak diminati. Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Disnaker Kota Batu sudah berkunjung dan mendukung kehadiran Tristar Institute, sebagai sekolah memasak.

“HRD Hotel Purnama juga sudah melihat-lihat ke sini, katanya tertarik menggunakan jasa koki didikan kami. Termasuk guru-guru SMK se Kota Batu juga menunjukkan antusiasmenya,” tandas Yuda.

Untuk saat ini, 30 siswa yang belajar memasak di Tristar Institute Kota Batu merupakan pindahan dari Surabaya. Ke depan, Tristar akan mulai membuka kelas untuk lulusan SMA/SMK Batu sebanyak 150 orang.-