Terkena Longsor, Relawan Bangun Kembali Masjid di Temas Batu

0
59
Para relawan sedang membersihkan sisa material di aliran sungai. (fathul)

MALANGVOICE – Masjid Naibul Harom di Perum Batu Permai RT03 RW10, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, baru bisa dibangun kembali dengan bantuan beberapa relawan. Dikoordinir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), mereka bekerja sejak pagi di sana.

Kerusakan masjid sendiri ada di dekat plengsengan, tempat wudlu, dan kamar mandi. Namun kondisinya memprihatinkan karena berada tepat di pinggir sungai. Sehingga lantai yang masih ada juga rawan longsor bila tak segera ditangani.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD, Choirur Rochim, mengatakan, pihaknya akan membersihkan material di dasaran sungai kering itu terlebih dulu. Karena sebagian bangunan yang ambrol juga masih berada di sana.

“Rencananya tidak dibuang, tapi sisa material ini dibangunkan undak di sungai sehingga lebih aman. Mumpung saat ini sungai sedang kering karena intensitas hujan berkurang,” paparnya kepada MVoice.

Usai membersihkan material di sungai, dibantu relawan dari PMI, Tagana, dan Senkom, mereka akan membangun kembali bagian masjid yang rusak. Mereka akan pastikan bangunan aman sehingga tak berbahaya di musim mendatang.

“Bangunan di sepanjang kawasan sungai memang berbahaya mengalami longsor. Karena saat air meluap, dia menggerus tanah terus menerus sehingga bisa ambrol. Karena itu warga sekitar sudah kami minta selalu waspada,” tandasnya.