Tanggulangi Bencana, Polres Batu Siagakan Pasukan Gabungan

0
3
Kapolres AKBP Leo Simarmata saat mengecek kesiapan pasukan (fathul)

MALANGVOICE – Seluruh instansi dan organisasi masyarakat yang berhubungan dengan penanggulangan bencana, berkumpul di Polres Batu, pagi ini. Mereka melaksanakan apel gabungan di bawah koordinasi kepolisian.

Kapolres Batu, AKBP Leonardus Simarmata, langsung memimpin apel gabungan yang dihadiri unsur TNI, BPBD Kota Batu dan Kabupaten Malang, Satuan Reaksi Cepat, PMI, Tagana, Senkom, pemadam kebakaran, hingga siswa pramuka.

“Bencana yang terjadi di wilayah Polres Batu harus diantisipasi dengan kerja sama yang baik antar instansi. Hal itu sudah tercermin dalam penanggulangan bencana Gunung Kelud yang meletus tahun 2014 lalu,” ungkap Kapolres dalam sambutannya.

Bermacam-macam bencana yang diidentifikasi sering terjadi di Kota Batu ini, lanjut Kapolres, adalah banjir, gempa bumi, gunung berapi meletus, puting beliung, angin topan, dan kebakaran hutan.

“Penanggulangan ini dimulai sejak identifikasi awal kebencanaan, pengurangan resiko, hingga rehabilitasi pasca bencana. Karena kerusakan yang terjadi akibat bencana harus diselesaikan juga,” tegasnya.