Tambah 3 Prodi Baru, UB Tambah Kuota Maba

0
33
wakil rektor 1 (anja)

MALANGVOICE – Tambah 3 program studi baru, Universitas Brawijaya (UB) Malang pun menambah jumlah kursi calon mahasiswa baru (Maba). Sebelumnya kuota yang diitetapkan adalah 12.282, kini menjadi 12.675 mahasiswa. Berarti ada penambahan sebanyak 393.

“Waktu dibuka SNMPTN kemarin, program studi yang terdaftar hanya 67, sekarang di UB ada 70 program studi. Tiga program baru itu teknologi komputer, ekonomi perbankan, dan teknologi bioproses,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr Ir Kusmartono, kepada MVoice, di kantornya, beberapa menit lalu.

Ketiga program studi itu menerima mahasiswa jalur pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri.

Menurutnya, pada SNMPTN kali ini akan terjadi persaingan antar sekolah dan persaingan antar siswa dalam satu sekolah. Sekolah-sekolah yang terakreditasi A dapat mengirim 75% siswa terbaiknya pada SNMPTN 2016. Sementara untuk yang terakreditasi B: 50%, terakreditasi C: 25% dan dibawah C: 10%.

“Semoga kualitas input yang masuk bagus-bagus,” harap dia.

Ia menambahkan, dua tahun sebelumnya, diketahui peminat SNMPTN UB menduduki urutan ketiga tertinggi di Indonesia setelah Universitas Padjadjaran dan Universitas Gadjah Mada. Meski demikian, jumlah mahasiswa peminat UB jalur SNMPTN menurun.

“Dari 64.653 calon mahasiswa yang mendaftar di SNMPTN tahun lalu, skrng menjadi 48.434 saja. Tidak cuma di UB saja, di PTN lain peminat jalur SNMPTN juga menurun. Malah peminat SMBTN yang membludak,” katanya.