Tahun Ini Kota Batu Punya 3 Desa Tangguh Bencana

0
65
Sasmito (fathul)
Sasmito (fathul)

MALANGVOICE – Keberadaan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana di Kota Batu sangat penting. Karena kota dingin ini berada di ketinggian dan hampir dapat dipastikan selalu terjadi bencana ketika memasuki musim hujan.

Karena itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berencana menambah satu lagi desa tangguh bencana, yakni Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Sebelumnya, Desa Gunungsari dan Kelurahan Sisir sudah ditetapkan sebagai desa tangguh.

“Saat ini BPBD Jatim melakukan penilaian di Kelurahan Sisir, kami berharap bisa mendapat nilai yang bagus sehingga bisa dijadikan harapan dalam perlombaan tingkat Jatim ini,” ungkap Sasmito, kepada MVoice, usai pemaparan dari Kepala BPBD Jatim, Sudarmawan.

Sasmito mengakui, Kelurahan Sisir yang dipilih mengikuti lomba tingkat Jatim karena beberapa faktor. Namun Sasmito tidak mau ada anggapan, Desa Tangguh Gunungsari lebih jelek dari Sisir.

“Tentunya ada beberapa pertimbangan internal dari BPBD Batu sendiri. Kalau bisa di seluruh desa atau kelurahan di Batu bagus-bagus semua desa tangguhnya,” tukas Sasmito.

Ia berharap besar tahun ini dapat mewujudkan Desa Pandanrejo sebagai desa tangguh. Karena potensi bencana di desa tersebut banyak sehingga masyarakat perlu disiapkan untuk bisa menjadi penolong diri sendiri saat ada bencana.