Sukseskan PIN, Dinkes Jemput Bola

0
3
Kepala Dinkes, Asih Tri Rachmi

MALANGVOICE – Dalam rangka mensukseskan imunisasi polio terhadap 70 ribu bayi dan balita, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang jemput bola dengan mendatangi rumah warga.

Kepala Dinkes, Asih Tri Rachmi, mengatakan, aksi tersebut sebagai antisipasi warga yang enggan datang ke pos imunisasi pada tanggal 8 Maret sampai 14 Maret mendatang.

“Jadi kalau ada warga yang tidak datang ke pos, maka kami akan datangi rumah warga itu, untuk lakukan imunisasi di tempat,” kata Asih, saat ditemuo MVoice, di Balai Kota Malang.

Dijelaskan, selain mendatangi rumah warga, Dinkes juga akan membuka posko di rumah sakit, mall, terminal dan beberapa ruang publik lainnya.

“Sebenarnya tidak ada kecamatan yang tidak tertib imunisasi, tapi kita memetakan berdasarkan kawasan yang padat penduduk, disitulah nanti akan kami antisipasi,” bebernya.

Ia membeberkan, polio hampir selama 10 tahun terakhir tidak ditemui di Kota Malang. Penyakit ini dapat diindikasi saat bayi mengalami suhu panas yant tinggi disertai kaki lumpuh dan layu.

“Karena imunisasi polio merupakan program nasional, maka kami lakukan itu,” tutur Asih.

Ditanya perihal angka kematian bayi dan gizi buruk, Asih menyebut jumlahnya sangat kecil hanya sebesar 0,02 persen.

“Kami justru menjaga anak-anak kita tidak jatuh dalam gizi buruk,” pungkasnya.