Stress di Kantor, Ini Cara Mengatasinya!

0
16
Meja Kantor (istimewa)
Meja Kantor (istimewa)

MALANGVOICE – Bekerja seharian penuh di meja kantor membuat sebagian orang merasa stress dan penat. Ini dia kiat hilangkan stress di tempat kerja menurut Dian Fitrah SPsi, Psikolog, yang dirangkum MVoice berikut ini

1. Hiasi tempat kerja dengan tanaman

Terkungkung nyaris selama 12 jam di dalam sebuah kantor yang terus menerus disinari lampu listrik tanpa melihat sinar matahari tentu membuat mudah stres. Dengan menambahkan tanaman hias ke tempat kerja bisa mengurangi stres yang dirasakan karyawan. Selain itu, Anda juga bisa bekerja lebih produktif dan lebih mampu memusatkan perhatian. Tanaman hias di meja kantor bisa mendongkrak produktivitas dan meningkatkan kebahagiaan.

2. Cobalah terapi aroma

Terapi aroma (aromatherapy) merupakan teknik terapi holistik yang menggunakan minyak esens untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Minyak esens selama ini sudah digunakan untuk memijat dan menyembuhkan berbagai penyakit. Pilihlah arome lavender atau rosemary.

3. Mengunyah permen karet

Ketika mengunyah permen karet, tingkat kegelisahan orang bisa menurun hingga 17 persen pada stres tingkat ringan, 10 persen pada tingkat sedang. Mengunyah permen karet juga bisa meningkatkan kewaspadaan dan kinerja.

4. Berjalan-jalan

Jika memiliki kesempatan, cobalah untuk berjalan di dalam kantor agar badan lebih segar. Berjalan pada saat jam makan siang bisa membantu karyawan untuk terbebas dari stres pada saat sore hari. Berjalan, apalagi berjalan tanpa alas kaki, memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.