Stok Kosong, BPBD Belum Beri Terpal ke Korban Puting Beliung

0
20
Hafi Lutfi (fathul)

MALANGVOICE – Hingga hari ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang belum memberi bantuan terpal ke warga Pamotan, Kecamatan Dampit, yang dua hari lalu tertimpa bencana puting beliung.

Kepala BPBD Hafi Lutfi, mengaku, masih koordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Malang untuk penyediaan terpal. Pihaknya juga belum bisa memastikan kapan akan disediakan terpal tersebut.

“Kami baru memberikan sembako, kemarin, terpal belum. Jadi semua elemen perlu mengetahui bahwa proses penanganan bencana tidak bisa serta merta. Kalau warga pengennya bencana jam 5 kemudian setengah 6 kami di sana, kan nggak bisa,” papar Lutfi.

Lutfi juga beralasan, penanganan bencana bukan sepenuhnya tanggung jawab BPBD meskipun garda terdepan adalah pihaknya. Karena itu, upaya penanganan setiap bencana tetap dilakukan semaksimal mungkin oleh BPBD dan tim lain.

“Kalau dikatakan kami terlambat, ya memang bagaimana lagi. Tapi sudah maksimal. Karena informasi ke kami soal puting beliung itu kan pukul 16.30 WIB. Jadi informasi ke kami juga lambat,” tambahnya.

Dari pantauan terakhir BPBD, banyak rumah yang sudah diperbaiki pemiliknya. Karenanya, bantuan terpal akan diberikan kepada warga kurang mampu saja, yang tidak bisa membenahi atap rumahnya akibat puting beliung.